Tips Memilih Minyak Goreng yang Tepat dan Sehat

Tidak ada komentar :
Tips Memilih Minyak Goreng yang Tepat dan Sehat

BIBLIOTIKA - Minyak goreng bisa berasal dari berbagai bahan yang berbeda, ada yang dari jagung, kacang kedelai, kacang tanah, atau bunga matahari. Pada saat ini, berbagai macam minyak goreng banyak disediakan di pasar, swalayan, ataupun supermaket. Yang paling penting dalam memilih minyak goreng adalah faktor manfaatnya bagi kesehatan, meski soal rasa juga perlu diperhitungkan. Bagaimana pun juga, minyak goreng memiliki peranan untuk menjadikan sajian bertambah nikmat.

Berikut ini tip yang bisa Anda perhatikan dalam memilih minyak goreng yang tepat, sekaligus sehat.

Pertama yang harus diingat, setiap jenis minyak goreng dalam takaran satu sendok mengandung 120 kalori. Aturan yang penting, gunakan sesedikit mungkin minyak goreng, karena minyak adalah lemak yang menyumbang terjadinya kegemukan bagi tubuh.

Sebaiknya, hindari menuangkan minyak ke dalam wajan tanpa takaran yang jelas, misalnya dengan mengucurkannya langsung dari botol. Hitunglah untuk setiap orang tidak lebih dari satu sendok teh. Jadi, penggunaannya tergantung pada seberapa banyak atau olahan saat itu akan disajikan untuk berapa orang.

Minyak goreng yang mengandung lemak-lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun dan minyak lobak, kemungkinan memberikan manfaat bagi jantung dan pembuluh arteri. Jika Anda terserang penyakit jantung atau memiliki risiko tinggi terserang penyakit tersebut, lebih baik pilih kedua jenis minyak goreng tersebut.

Jika mencari minyak goreng yang benar-benar membuat sajian bertambah lezat, pilihlah minyak yang keras, seperti minyak wijen dan minyak kenari. Atau bisa pula menggunakan minyak yang biasanya dijadikan dressing untuk salad. Selain untuk salad, jenis minyak tersebut juga bisa untuk memasak, meskipun tak bisa tahan dalam panas yang tinggi.

Minyak goreng yang berasal dari jagung dan bunga matahari dikenal mengandung lemak tak jenuh ganda. Ini bagus untuk kesehatan, dan rasanya tergolong netral. Namun, meski begitu, tetap lebih baik jika digunakan sedikit saja dan tidak berlebihan.

Jika yang dicari adalah kandungan asam lemak omega-3, maka pilihlah jenis minyak kedelai, minyak kenari, atau minyak lobak. Asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan dalam ikan-ikanan ini penting untuk sistem peredaran darah di jantung.

Jika yang dicari adalah minyak goreng untuk menggoreng aneka bahan makanan, pilihan yang tepat di antaranya adalah minyak jagung, minyak lobak, dan minyak dari jenis kacang-kacangan. Ketika digoreng, makanan akan menyerap minyak cukup tinggi. Karena itu, sajian hidangan pun mengandung kalori yang lebih besar.

Minyak goreng kenari atau kacang tanah dapat menjadikan makanan lebih lembut dan terasa seperti kacang-kacangan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar