Mengenal Tumbuhan Blueberry

Tidak ada komentar :
 Mengenal Tumbuhan Blueberry

BIBLIOTIKA - Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara, berupa semak yang ukurannya mulai dari 10 cm hingga 4 m. Spesies terkecil dikenal sebagai “bluberry semak rendah” (biasanya dianggap sebagai tanaman “liar”), dan spesies terbesar adalah “blueberry semak tinggi”.

Sepanjang tahun, daun blueberry berganti warna atau hijau sepanjang tahun. Panjang masing-masing daunnya antara 1-8 cm, dengan lebar 0,5-3,5 cm. Bunganya berbentuk lonceng, berwarna putih, merah, atau merah muda pucat, kadang pula kehijau-hijauan.

Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi “blueberry” dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri berwarna biru yang kadang-kadang mirip blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti “blueberry” dalam bahasa Inggris.

Meskipun blueberry merupakan tumbuhan asli Amerika Utara, namun blueberry juga tumbuh di belahan selatan Australia, Selandia Baru, dan negara-negara Amerika Selatan. Dari daerah-daerah itu, buah blueberry dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Berikut ini adalah daftar spesies blueberry:
  1. Vaccinium angustifolium (Blueberry Semak Rendah)
  2. Vaccinium boreale (Blueberry Utara)
  3. Vaccinium caesariense (Blueberry New Jersey)
  4. Vaccinium corymbosum (Blueberry Semak Tinggi Utara)
  5. Vaccinium darrowii (Blueberry Semak Tinggi Selatan)
  6. Vaccinium elliottii (Blueberry Elliott)
  7. Vaccinium formosum (Blueberry Selatan)
  8. Vaccinium fuscatum (Blueberry Semak Tinggi Hitam)
  9. Vaccinium hirsutum (Blueberry Berbulu)
  10. Vaccinium myrtilloides (Blueberry Kanada)
  11. Vaccinium pallidum (Blueberry Tanah Gersang)
  12. Vaccinium simulatum (Blueberry Semak Tinggi Dataran Tinggi)
  13. Vaccinium tenellum (Blueberry Selatan)
  14. Vaccinium virgatum (Blueberry Mata Kelinci)

Terdapat beberapa spesies blueberry yang lazim dikonsumsi, antara lain Vaccinium angustifolium, Vaccinium virgatum, Vaccinium elliottii, dan Vaccinium corymbosum. Biasanya blueberry dijual dalam bentuk segar, atau dalam bentuk olahan, seperti jus, buah beku, buah kering, atau dibuat selai.

Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Patut dicatat di sini bahwa kandungan mangan dan vitamin K buah blueberry cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian keduanya, masing-masing sebesar 20% dan 24%.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar