Aneka Khasiat Anggur untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :
Mengenal Aneka Khasiat Buah Anggur

BIBLIOTIKA - Siapa yang tidak kenal buah anggur? Selain enak, anggur juga diketahui memiliki sejumlah khasiat dalam hal kesehatan, karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Anggur mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan, dan berkhasiat mencegah penuaan dini. Anggur juga mengandung vitamin A, B (thiamin), C, E, dan K (kalium).

Selain dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut, sehingga menjauhkan dari sariawan, vitamin C dalam anggur juga dapat membantu kekebalan tubuh. Selain dagingnya, biji anggur juga memiliki khasiat kesehatan, karena mengandung pycnogenol, yang berfungsi menguatkan kolagen untuk kelenturan pembuluh darah. Sedangkan kulit anggur kaya zat flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat lain mengonsumsi anggur adalah untuk mencegah kanker kolon atau kanker usus besar, karena anggur mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Selain itu, berikut ini beberapa khasiat lain yang terdapat dalam anggur.

Memperlambat penuaan

Biji dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut, dengan cara memasukkan anggur ke dalam menu sarapan pagi Anda secara teratur.

Selain itu, mengonsumsi jus anggur juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, karena tingginya antioksidan yang terkandung di dalamnya. Rutin mengonsumsi anggur merah juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Menyehatkan jantung

Mengonsumsi anggur sebagai buah, atau meminumnya sebagai jus anggur, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Flavonoid dalam anggur merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan arteri, dengan cara mencegah terjadinya penyumbatan dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Mengatur gula darah

Anggur memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah tidak seimbang. Fitonutrien yang terdapat dalam buah anggur juga sangat membantu dalam mengatur gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mencegah kanker

Nutrisi antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat dalam anggur dapat menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin, dan proanthocyanidins, yang terdapat dalam anggur juga memiliki sifat antiperadangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.

Kandungan resveratrol dalam anggur merah juga sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan tumor dan kanker, sementara anggur ungu bisa mencegah terjadinya kanker payudara.

Menyehatkan pencernaan

Kandungan gizi dalam anggur sangat baik untuk menjaga pencernaan, sekaligus untuk menyembuhkan sembelit. Hal itu dimungkinkan, karena anggur mengandung asam organik, selulosa, dan gula, yang membantu mengatasi masalah tersebut.

Mencegah pembekuan darah

Mengonsumsi anggur merah bisa meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh. Hal itu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, dan mencegah terjadinya serangan jantung. Mengonsumsi anggur atau jus anggur setiap hari juga bisa menurunkan tekanan darah, dan menstabilkan darah dalam tubuh.

Memperbaiki sel-sel tubuh

Anggur mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sekaligus menjaga tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, anggur juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi anggur merah bisa memberikan kekuatan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat terhadap berbagai serangan virus dan bakteri.

Membersihkan darah dari racun

Kandungan nutrisi dalam anggur merah diketahui dapat membantu membersihkan darah dari berbagai racun, dan mencegah kelainan darah, serta dapat membersihkan darah kotor.

Anggur juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan pterostilbene dalam anggur sangat bagus untuk menurunkan kolesterol, karena zat ini bekerja dengan saponin yang ada dalam kulit anggur yang membantu dalam penyerapan kolesterol darah.

Melindungi mata dari katarak

Kandungan zat flavonoid dalam anggur diketahui dapat membantu melindungi mata dari masalah katarak.

Mengatasi penyakit asma

Asma adalah penyakit yang terkait dengan sesak napas. Kandungan zat assimiratory dalam anggur bisa menjadi bahan aktif untuk mengatasi penyakit asma. Dengan mengonsumsi anggur, paru-paru menjadi lebih berair, sehingga menurunkan sesak napas yang terjadi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar