Mengapa Anggur Baik untuk Kesehatan?

Tidak ada komentar :
  Mengapa Anggur Baik untuk Kesehatan?

BIBLIOTIKA - Anggur adalah buah yang dihasilkan dari sejenis tanaman perdu merambat. Banyak orang menyukai anggur, karena rasanya yang nikmat. Selain memiliki bentuk dan warna yang eksotis, anggur juga telah dikenal lama sebagai makanan yang baik untuk kesehatan.

Yang menjadikan anggur memiliki manfaat untuk kesehatan, karena anggur mengandung nutrisi di dalamnya. Di dalam anggur terdapat flavanoid, folat, vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan C. Flavonoid adalah zat yang dapat meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah, dan melindungi kerusakan pembuluh darah serta mencegah penggumpalan trambosit.

Anggur juga memiliki peran besar sebagai sumber mineral penting lain, seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium, dan selenium. Kandungan nutrisi anggur tersebut dapat dicirikan dari warnanya. Semakin gelap warna anggur, semakin banyak pula kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kemudian, anggur juga mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lain. Aktivitas itu juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder dalam buah anggur, yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Hal-hal itulah yang menjadikan anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi anggur secara rutin, namun tidak berlebihan, dapat membantu menunjang kesehatan kita. Dalam hal yang ringan, anggur bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, mengatasi masalah kulit, melancarkan aliran darah, hingga mengatasi lemah jantung.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar