Terapi untuk Penderita Kanker Payudara (2)

Tidak ada komentar :
 Terapi untuk Penderita Kanker Payudara

BIBLIOTIKA - Kumpulkan semua informasi dan dokumen mengenai kanker payudara dalam satu tempat. Semua bahan yang menyangkut kanker payudara yang sedang dialami perlu dikumpulkan menjadi satu, baik informasi asuransi, hasil-hasil laboratorium, catatan medis yang Anda buat sendiri, janji-janji dengan dokter, dan berbagai dokumentasi lainnya. Hal itu akan mempermudah Anda dan Breast Friend Anda mengidentifkasi hal-hal yang tidak jelas dan perlu ditanyakan kepada dokter.

Bila perlu, bergabunglah dengan kelompok pendukung pasien, agar bisa mendapatkan masukan dari mereka yang juga pernah menderita kanker payudara atau jenis kanker lainnya.

Berkonsultasi dengan dokter

Saat Anda terdiagnosis kanker payudara, Anda tentu harus memiliki jadwal konsultasi dengan dokter yang akan merawat Anda. Beberapa informasi berikut akan membantu Anda mengoptimalkan waktu dengan dokter, yang mungkin sangat terbatas.

Yang perlu dibawa saat Anda ke dokter:
  1. Buku dan alat tulis atau alat perekam suara.
  2. Breast Friend Anda untuk membantu bertanya, mencatat, dan mendukung Anda.
  3. Sejarah medis Anda dan keluarga.
  4. Daftar obat-obatan yang termasuk dalam rutinitas keseharian Anda (bila ada).

Daftar pertanyaan untuk dokter Anda:
  1. Ada di stadium berapakah kanker saya?
  2. Jenis kanker payudara apa yang saya alami?
  3. Apakah ada hal-hal khusus pada kanker saya yang bisa mempengaruhi perjalanan penyakit saya?
  4. Tes-tes apa yang perlu saya lakukan?
  5. Kapan tes-tes tersebut dilaksanakan, dan kapan saya bisa mendapatkan hasilnya?
  6. Apa kira-kira makna dari hasil tes tersebut?
  7. Obat-obat apa yang akan efektif untuk kanker payudara saya?
  8. Berapa lama proses pengobatan tersebut? 
  9. Di mana dan seberapa sering saya harus berobat?
  10. Bagaimana cara saya mengukur efektivitas pengobatan tersebut?
  11. Di mana saya bisa mendapatkan informasi lengkap?
  12. Efek samping apa yang akan saya alami?
  13. Apakah ada obat yang bisa meringankan efek-efek samping tersebut?
  14. Apakah ada perawat-perawat khusus untuk kanker payudara?
  15. Apakah saya diperkenankan untuk berbicara dengan mantan pasien dokter yang pernah menjalani pengobatan? 
  16. Apa yang penting untuk saya lakukan, guna meningkatkan hasil pengobatan saya?
  17. Apakah pengobatan kanker payudara ini akan mempengaruhi hidup saya?
  18. Apakah saya masih bisa bekerja?
  19. Apakah saya memerlukan seseorang untuk membantu merawat saya di rumah?
  20. Apa aktivitas-aktivitas yang harus saya hindari selama pengobatan?

Pilihan terapi

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker payudara merupakan penyakit yang sangat kompleks. Jenisnya berbeda-beda, dan berbagai proses yang berbeda bisa memicu pertumbuhannya. Seperti yang telah disebutkan, kanker payudara dengan HER2 positif terbukti lebih ganas daripada yang lain.

Pasien harus meminta dokter yang merawat untuk memeriksa kanker payudaranya lebih lanjut, untuk mengetahui jenis kanker apa yang dimiliki beserta alasan-alasan mengapa kanker tersebut semakin berkembang. Hasil yang ditemukan dapat membantu dokter bersangkutan menyesuaikan pengobatan dengan jenis kanker payudara yang diderita, dan pasien mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh hasil pengobatan yang baik.

Jenis pengobatan tidak hanya tergantung pada jenis kanker payudara yang diderita, tetapi juga oleh faktor ukuran tumor di payudara, dan letak tumor serta apakah tumor telah menyebar ke jaringan di sekelilingnya atau ke organ-organ tubuh lainnya.

Tahap pertama pengobatan kanker payudara adalah pengambilan sel-sel kanker. Prosedur yang dilakukan pada pasien kanker payudara tergantung pada stadium penyakit, jenis tumor, umur, dan kondisi pasien. Umumnya, dokter melakukan lumpektomi atau pengambilan sebagian dari payudara pasien. Tetapi ada juga yang memerlukan proses mastektomi, pengambilan keseluruhan payudara yang bersangkutan.

Keberagaman jenis kanker payudara mengharuskan dilakukannya diagnosis yang rinci sebelum memutuskan jenis terapi yang akan dipakai, sehingga pilihannya bersifat individual.

Sangat penting untuk mengetahui apakah terjadi penyebaran ke kelenjar getah bening. Dokter baru bisa mengidentifikasi apakah kelenjar getah bening terpengaruh oleh sel-sel kanker sesudah proses pembedahan. Dalam kasus-kasus tertentu, kemoterapi diperlukan untuk mengecilkan ukuran tumor yang ada, dan mempertahankan payudara pasien.

Untuk meningkatkan hasil terapi, pembedahan biasanya diikuti dengan terapi tambahan (adjuvan) seperti radiasi, hormon, kemoterapi, atau imunoterapi.

Baca lanjutannya: Terapi untuk Penderita Kanker Payudara (3)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar