Penyebab Payudara Kiri dan Kanan Berbeda Ukuran

Penyebab Payudara Kiri dan Kanan Berbeda Ukuran

BIBLIOTIKA - Bisa dibilang, tidak ada payudara yang benar-benar simetris, yang kanan-kiri sama ukurannya. Nyaris setiap wanita memiliki payudara yang ukurannya tidak sama—satu bagian lebih besar atau lebih kecil. Survei yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa 99 persen wanita memiliki ukuran payudara kanan dan kiri yang berbeda. Hal serupa juga terjadi di negara-negara lain, termasuk di Indonesia.

Meski payudara kanan dan kiri memiliki ukuran yang berbeda, namun perbedaan ukuran itu bisa dibilang tidak terlalu signifikan, sehingga juga tidak terlalu tampak, apalagi jika dilihat dari luar. Hanya sedikit wanita yang memiliki perbedaan ukuran payudara yang jelas terlihat. Untuk itu, jika Anda mendapati sepasang payudara Anda berbeda ukuran, Anda perlu memahami bahwa itu bukan masalah, juga bukan kelainan yang perlu dikhawatirkan.

Ukuran payudara seorang wanita ditentukan oleh faktor genetik, juga dipengaruhi oleh masa kehamilan hingga menopause. Pada masa kehamilan, ukuran payudara bisa membesar, dan pada waktu menopause mulai mengecil. Sementara faktor hormonal bisa menyebabkan ukuran sepasang payudara yang semula sama menjadi berbeda.

Biasanya, payudara sebelah kiri memiliki ukuran lebih besar dibanding payudara kanan. Hal itu disebabkan karena payudara kiri terletak di dekat jantung, dan di tempat itu ada lebih banyak pembuluh darah, urat nadi, serta lapisan lemak yang melindungi jantung. Sedangkan payudara kanan biasanya memiliki otot yang lebih kuat, sehingga rata-rata juga lebih kecil dibanding payudara kiri.

Bagaimana solusi menghadapi ukuran sepasang payudara yang berbeda ukuran ini?

Seperti yang dinyatakan di atas, perbedaan ukuran sepasang payudara umumnya tidak terlalu signifikan, dan tidak terlalu tampak. Namun, jika kebetulan sepasang payudara Anda memiliki ukuran yang perbedaannya cukup jelas, Anda bisa memilih bra yang ukurannya sesuai dengan bagian payudara Anda yang lebih besar. Untuk itu, Anda bisa menambahkan bantalan pada cup satunya, agar terlihat lebih seimbang.

Andrew Da Lio, associate professor bidang bedah plastik di David Geffen School of Medicine di UCLA, menawarkan solusi lain, yaitu dengan operasi plastik. “Anda bisa memilih antara mengurangi ukuran payudara yang lebih besar, atau memasang implan pada payudara yang lebih kecil. Atau membuat kombinasi di antara keduanya.”

Solusi operasi plastik tentu hanya ditujukan bagi wanita yang kebetulan ukuran payudaranya berbeda, dan perbedaannya sedemikian mencolok hingga sangat terlihat. Selama Anda masih nyaman dengan perbedaan ukuran sepasang payudara Anda, langkah terbaik adalah dengan menganggapnya sebagai bukan masalah. Karena kenyataannya memang perbedaan ukuran payudara bukan masalah.