Ancaman Bahaya di Balik Permainan Pokémon GO (5)

Tidak ada komentar :
Ancaman Bahaya di Balik Permainan Pokémon GO

BIBLIOTIKA - Ancaman yang paling cepat bagi pengguna Pokémon GO adalah bahaya dibajaknya data (hacked). Pemain yang masuk ke permainan dengan akun Google memungkinkan penyedia game memiliki akses penuh ke profil tersebut. Adam Reeve, seorang ahli IT, menyatakan, “Itu berarti mereka dapat membaca e-mail Anda, isi file Anda di Google Drive, dan pada dasarnya dapat mengakses setiap bagian dari hidup Anda, karena Anda menggunakan Google untuk semua itu.”

Salah satu poin dari beberapa poin “kebijakan pribadi bagi pengguna” (privacy policy) pada Pokémon GO memastikan pemain harus memiliki akun di Google agar bisa mengakses permainan tersebut. Untuk hal itu, Adam reeve menyatakan, “Ketika pengembang man-setup ‘Masuk dengan Google’ (Sign in with Google), fungsi mereka menentukan kepada tingkat akses apa yang mereka inginkan.”

Salah satu penggagas Proyek Niantic adalah NSI, yaitu The Nationwide Suspicious Activity Reporting, disingkat SAR, sedangkan yang lebih tinggi darinya disebut NSI (Nationwide SAR Initiative).

NSI adalah Lembaga Pelaporan Aktivitas Mencurigakan Dari Seluruh Dunia, milik pemerintah Amerika Serikat. NSI digunakan untuk mengumpulkan data serta informasi, dan berbagi laporan aktivitas mencurigakan oleh individu atau kelompok di Amerika Serikat maupun di dunia, salah satunya melalui Niantic Project besutan Niantic Inc.

Nationwide SAR Initiative (NSI) dibentuk oleh para penegak hukum dan lembaga-lembaga lain dan telah dilakukan selama bertahun-tahun, untuk mengumpulkan informasi mengenai perilaku dan insiden yang terkait dengan kegiatan kriminal, namun tanpa pembatasan pada pengumpulan data individu yang bersangkutan tanpa adanya kecurigaan oleh individu terkait.

Program ini telah membentuk proses standar yang memungkinkan SAR dapat saling berbagi data antar lembaga-lembaga lainnya untuk membantu mendeteksi dan mencegah kegiatan kriminal terkait terorisme. Dalam hal itu, game online termasuk Pokémon GO benar-benar menjadi sarana yang ampuh, karena para pemain akan terus kecanduan untuk memainkannya, bahkan menularkan keasyikan itu kepada orang lain untuk ikut menjadi pemain.

Dengan kata lain, data dan informasi tiap individu tidak perlu dicari-cari dengan susah payah, karena mereka akan mengisi datanya sendiri. Melalui data-data dan informasi itu, maka identitas pemain akan diketahui, meliputi di mana mereka berada, siapa saja anggota keluarganya, apa profesinya, siapa teman-temannya, apa file yang dimilikinya, apa kesukaan mereka, bahkan jam berapa mereka bangun dan tidurnya.

Berdasarkan semua kenyataan itu, kita melihat bahwa permainan Pokémon GO tidak bisa dibilang seratus persen aman, karena menyimpan potensi bahaya meski tampak tak terlihat. Dari bahaya kecelakaan akibat asyik bermain, bahaya kejahatan dan kriminalitas, sampai bahaya tercurinya data-data Anda. Karena itu, sikap hati-hati dan waspada harus selalu diingat, termasuk ketika bermain game apa pun.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar