Tips Seputar Jins dan Ritsleting

Tidak ada komentar :
 Tips Seputar Jins dan Ritsleting

BIBLIOTIKA - Banyak orang menyukai celana jins, karena kasual dan nyaman dipakai. Namun, kadang-kadang jins terasa kaku saat dikenakan, khususnya saat baru dicuci. Kadang pula, warna jins memudar seiring berlalunya waktu, sehingga tidak terlihat bagus lagi. Atau, bisa jadi, ritsleting celana jins kita macet, hingga tidak bisa digerakkan. Bagaimana mengatasinya? Tips berikut ini akan membantu masalah-masalah tersebut.

Tips melembutkan kain jins

Kain jins, entah jaket atau celana, sering terasa kaku saat dikenakan. Akibatnya kain tersebut terasa kurang nyaman selama dipakai. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tip berikut untuk melembutkan kain jins Anda dengan mudah.

Siapkanlah seember air, dan campurkan cuka secukupnya. Masukkan dan rendamlah jaket atau celana jins Anda ke dalamnya, tunggu beberapa saat, lalu cucilah kain jins itu seperti biasa. Dengan cara ini, kain jins yang mulanya kaku akan menjadi lembut.

Tips agar warna jins lebih awet

Selain terasa kaku, masalah lain yang biasa menghinggapi kain jins adalah warnanya yang lekas pudar, dan tidak secemerlang sebelumnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan tip berikut agar warna jins Anda lebih awet dan tidak cepat pudar.

Sebelum dicuci, rendamlah jaket atau celana jins Anda di dalam air teh yang kental selama dua jam. Lalu bilaslah dengan air bersih. Setelah itu, jemur dengan cara dibalikkan (bagian dalam jins berada di sebelah luar). Dengan cara ini, warna jaket atau celana jins Anda pun akan awet dan tidak memudar.

Tips mengatasi ritsleting macet

Ritsleting, entah ritsleting tas, ritsleting celana, atau ritsleting jaket, kadang mengalami macet. Biasanya, kemacetan ritsleting disebabkan karena adanya benang atau bagian pinggir kain yang terselip, sehingga kepala ritsleting sulit bergerak. Jika seperti itu masalahnya, tentu cara melancarkannya kembali adalah dengan menghilangkan benang atau melepaskan kain yang terselip tersebut, agar ritsleting kembali lancar.

Tetapi ada kalanya ritsleting macet karena lama tidak dipakai. Kalau Anda menyimpan tas atau jaket Anda dalam waktu sampai lama, biasanya ritsletingnya mengalami macet—yang disebabkan karena lama tak digunakan.

Nah, jika yang menjadi masalah seperti ini, gunakan saja lilin untuk kembali melancarkannya. Caranya, gosokkan lilin pada ritsleting tersebut, lalu coba gerakkan kepala ritsleting hingga dapat berjalan lancar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar