Tips Sehat Saat Makan di Restoran atau Rumah Makan

Tidak ada komentar :
Tips Sehat Saat Makan di Restoran atau Rumah Makan

BIBLIOTIKA - Ada cukup banyak orang yang berpendapat kalau makanan sehat hanya dapat ditemui di rumah, sehingga merasa khawatir jika harus makan di luar (restoran atau warung makan). Biasanya, kekhawatiran tersebut menyangkut gizi makanan dan kebersihan, khususnya bagi para penganut hidup sehat.

Pendapat seperti itu sebenarnya kurang bijaksana. Selain itu, ketika Anda sedang berada dalam perjalanan, mempertahankan keyakinan semacam di atas dapat membuat Anda kelaparan. Meski makan di luar, Anda tetap dapat menjalankan pola hidup sehat. Jika sewaktu-waktu Anda dalam perjalanan, dan butuh makan dengan sehat, berikut ini tip yang bisa Anda cermati.

Pertama, jangan biarkan perut Anda kosong sepanjang hari. Cobalah untuk sedikit sarapan dan makan siang. Selain itu, jangan lupa makan malam dengan porsi yang cukup, dan diakhiri dengan kudapan atau buah-buahan.

Kalau sedang menjalani program diet, Anda harus mengurangi makanan yang mengandung kalori dan lemak.

Perhatikan cara memasaknya. Makanan yang digoreng dan dibakar, memiliki kandungan minyak dan lemak lebih banyak dibandingkan makanan yang direbus.

Mintalah kepada pelayan restoran untuk memisahkan sambal yang akan dihidangkan bersama dengan makanan. Kebanyakan sambal atau saus memiliki kandungan minyak dan lemak yang sedikit lebih banyak.

Makanan yang sederhana cenderung lebih sehat. Sayuran, nasi, dan lauk seperti panggangan ayam. Cobalah meminta bantuan staf restoran untuk membantu memilih makanan sesuai selera, yang tentu saja menyehatkan.

Jangan lupa, beberapa restoran terkadang menyajikan makanan dalam jumlah besar. Jangan karena terhidang di meja makan berarti semua harus dihabiskan dengan alasan sayang atau mubazir.

Sediakan waktu kurang lebih 20 menit sebelum memesan hidangan penutup.

Cobalah untuk mengkonsumsi banyak buah, yoghurt, dan minuman ringan yang tentunya rendah kalori.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar