Panduan Merawat Kesehatan Kulit Pria

Tidak ada komentar :
Panduan Merawat Kesehatan Kulit Pria

BIBLIOTIKA - Bagi sebagian besar pria, perawatan kulit hanya dianggap angan-angan. Ketika bercukur, para pria jarang menghabiskan waktunya untuk merawat kulitnya, khususnya kulit wajah. Bagaimanapun juga, perawatan kulit yang tepat penting untuk saat ini dan masa depan.

Kulit merupakan pertahanan awal untuk mengatasi sakit, penyakit, bakteri dan kuman. Sebagai tambahan, semakin tinggi usia seseorang, kulitnya akan semakin kehilangan elastisitas alami. Jadi, akan mengakibatkan terjadinya keriput dan garis-garis penuaan. Untuk alasan ini, perawatan kulit yang tepat menjadi sangat penting.

Tips berikut ini dapat membantu Anda untuk menjaga agar kulit Anda tetap dalam kondisi terawat tanpa harus banyak mengeluarkan banyak biaya.

Untuk permulaan, pria harus menyadari bahwa perawatan kulit yang tepat tidak perlu memakan waktu yang lama. Cukup dengan beberapa menit dalam sehari saja. Basuhlah wajah Anda dengan pembersih muka yang lembut. Jangan menggunakan sabun dengan kandungan yang keras.

Satu atau dua kali dalam seminggu, basuhlah wajah Anda dengan air yang suam-suam kuku. Gunakan kain basah yang halus dan secara perlahan usapkan dengan gerakan memutar. Pori-pori akan bersih dan kulit Anda akan tampak cerah. Selalu keringkan wajah Anda dengan handuk bersih dan bubuhkan sedikit moisturizing setelah wajah Anda kering.

Para pria kadang-kadang suka mencukur dengan asal. Sebaiknya hindari hal itu. Mencukurlah dengan benar. Jika Anda menggunakan pisau cukur, pastikan Anda telah membasahi wajah Anda dengan air suam-suam kuku sebelum mengoleskan krim untuk mencukur. Biarkan selama beberapa menit agar krim meresap, kemudian gunakan pisau cukur ganda yang tajam untuk mencukur.

Setelah itu bilas dengan air hangat atau dingin. Langkah terakhir, usapkan krim after-shave di wajah Anda. Jika Anda menggunakan pencukur elektrik, oleskan lotion pre-shave agar memudahkan Anda ketika mencukur kumis atau jenggot Anda. Lotion itu juga mengurangi iritasi dan rasa terbakar yang diakibatkan karena pemakaian pisau cukur elektrik.

Mengkonsumsi makanan dengan porsi yang seimbang juga penting untuk kesehatan kulit. Perbanyaklah makan sayur-mayur dan buah-buahan yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat memperlambat penuaan kulit. Bila perlu, konsumsi juga multivitamin yang kaya antioksidan dan vitamin E. Hindari menyantap gorengan terlalu banyak agar wajah Anda tidak berminyak.

Olahraga akan menyehatkan jantung Anda sekaligus membersihkan pori-pori Anda, meningkatkan metabolisme tubuh, dan secara keseluruhan Anda akan merasa lebih baik.

Bila Anda tak menyukai kegiatan-kegiatan yang di atas itu, mungkin dapat mencoba cara yang paling mudah dan terbaik, yakni membiasakan diri banyak minum air putih. Sebagian besar sel-sel tubuh kita terdiri dari air, dan itulah sebabnya seseorang mudah sekali terkena dehidrasi. Minumlah paling sedikit delapan gelas sehari.

Perbanyak minum air putih jika Anda senang meminum minuman seperti kopi, soda, atau alkohol. Perawatan kulit dengan cara yang benar dapat membantu agar Anda semakin terlihat muda, sehat, dan yang terpenting adalah Anda merasa nyaman terhadap diri sendiri.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar