7 Resep untuk Berbagai Penyakit Anak

Tidak ada komentar :
 7 Resep untuk Berbagai Penyakit Anak

BIBLIOTIKA - Untuk mengatasi berbagai penyakit yang biasa menimpa anak-anak, Anda bisa mengandalkan obat-obatan dari resep tradisional. Berikut ini adalah tujuh resep untuk tujuh penyakit yang biasa diderita oleh anak-anak.

Sakit perut:

Bahan-bahannya; 1 jari kunyit, dibakar, 1 jari kulit batang pulosari, 1 genggam seluruh tanaman patikan Cina segar, dan 1 cangkir air. Semua bahan tersebut ditumbuk, lalu tambahkan air, rebus sampai mendidih, hingga airnya tersisa 1 cangkir. Setelah itu, saringlah dengan kain bersih.

Pemakaiannya untuk anak berusia 1 tahun adalah 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan. Untuk anak usia 2 tahun adalah 3 kali sehari dengan dosis 4 sendok makan, sedangkan untuk anak yang berusia lebih tua adalah 3 kali sehari dengan dosis ½ cangkir.

Panas dalam:

Bahan-bahannya; 100 gram labu parang (labu kuning) dan 60 gram pepaya matang. Bahan-bahan itu dibuat jus. Tambahkan gula batu yang sudah dicairkan secukupnya, kemudian diminum.

Sakit panas:

Bahan dan cara membuatnya; 1 buah jeruk nipis, diperas airnya. 3 siung bawang merah, diparut. 1 sendok makan minyak kelapa, dan sedikit garam. Campurkan semua bahan tersebut, lalu kompreskan di ubun-ubun.

Selain resep tersebut, Anda juga bisa menggunakan resep kedua, yaitu dengan menggunakan bawang merah. Caranya, ambil bawang merah secukupnya, lalu ditumbuk. Kemudian lumurkan ke seluruh tubuh, terutama pada dahi, ubun-ubun, leher dan ketiak anak Anda.

Muntah berak:

Bahan dan cara membuatnya; ½ gelas air kelapa muda, ½ sendok garam, dan ½ gelas air matang. Campurkan semua bahan, aduklah hingga garamnya larut. Setelah itu, minumkan setiap dua jam sekali sampai berak-beraknya berkurang. Jika berak-beraknya mulai berkurang, lanjutkan dengan dosis empat jam sekali.

Cacingan:

Bahan dan cara membuatnya; 10 gram kulit delima kering, dan ½ buah pinang segar. Rebuslah dengan air sebanyak 600 cc. Tunggu sampai mendidih, hingga airnya tinggal 300 cc atau separuhnya. Minumkan air rebusan itu selagi masih hangat sebelum sarapan pagi.

Selain resep tersebut, Anda juga bisa menggunakan resep kedua untuk mengatasi penyakit yang sama. Kali ini dengan menggunakan 2 jari akar pepaya, 1 siung bawang putih dan madu secukupnya. Rebus semua bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Nah, minumkan airnya selagi masih hangat.

Demam:

Resep pertama adalah dengan menggunakan 200 gram wortel, diparut lalu diperas hingga keluar air sarinya. Air perasannya itu direbus, kemudian diminum selagi hangat.

Sedangkan resep kedua adalah dengan menggunakan 5 kuntum bunga kenop dan 5 gram manisan labu tangkua (labu bligo), direbus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, minumkan air rebusannya selagi masih hangat.

Diare:

Resep pertama; Ambillah 1 buah ketimun, rebus, kemudian peras dan saringlah airnya. Tambahkan madu pada air perasan ketimun ini, kemudian diminum.

Resep kedua; ambillah 1 genggam daun jambu biji muda, 5 butir adas, 2 jari tangan pulosari, dan 2 cangkir air. Potong-potonglah bahan tesebut dan rebus hingga tinggal 1 cangkir. Minumkan dua kali sehari dengan dosis setengah cangkir.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar