Tips Blogging: Menjadi Blogger yang Manusiawi

Tidak ada komentar :
  Tips Blogging: Menjadi Blogger yang Manusiawi

BIBLIOTIKA - Mungkin Anda pernah atau sering mendapati blog-blog yang kesannya tidak manusiawi. Kita tahu bahwa blog itu dibuat dan dimiliki oleh manusia, dan posting-postingnya juga ditulis oleh manusia. Tetapi isinya sama sekali tidak manusiawi.

Blog yang tidak manusiawi itu kadang berupa blog yang terus-menerus hanya bicara bisnis, menawarkan dagangan, dan hal-hal lain semacamnya, sehingga pengunjung blog pun langsung menyadari bahwa blog ini dibuat dan ditujukan untuk bisnis. Maka mereka pun jadi malas mengunjunginya lagi.

Sebaliknya, ada pula blog yang tidak berbicara bisnis, melainkan membicarakan si pemilik blognya, tetapi si pemilik blog mengesankan kalau ia orang yang serba sempurna, tidak pernah bersalah, tak pernah gagal, tak pernah kecewa, dan hebat dalam segala hal. Kita pun jadi malas mengunjungi blog semacam ini, karena kesannya sangat tidak manusiawi.

Karenanya, jika Anda ingin blog Anda dikunjungi banyak orang, usahakanlah untuk manusiawi. Tunjukkanlah bahwa Anda juga manusia biasa, sama seperti pengunjung blog Anda, sehingga para pengunjung pun jadi merasa menemukan orang yang sama, sehingga merasa nyaman saat mengunjungi blog Anda.

Buatlah post-post yang lucu

Salah satu resep yang juga akan membuat blog Anda digemari orang adalah jika Anda mampu menulis post-post yang lucu, yang mampu membuat pengunjung tertawa. Sejak zaman dahulu, orang selalu menyukai blog-blog yang mampu memberikan hiburan semacam itu. Bahkan, mereka pun tidak segan mengabarkan pada teman yang lain jika menemukan blog baru yang semacam itu.

Karenanya, jika Anda mampu menulis post-post yang lucu, maka hampir bisa dipastikan blog Anda akan mendapatkan limpahan banyak pengunjung baru dalam waktu yang tak terlalu lama. Para pengunjung lama akan tetap setia mengunjungi blog Anda, dan mereka akan menarik para pengunjung baru lainnya.

Bergabunglah dengan Yahoo! Answer

Yahoo! Answer adalah suatu forum tanya jawab antara masing-masing anggotanya. Seperti yang Anda tahu, dengan bergabung dengan Yahoo! Answer, maka kita akan dapat mengajukan suatu pertanyaan tertentu kepada forum, dan kemudian mendapatkan jawabannya dari berbagai banyak orang. Begitu pun, kita bisa memberikan jawaban untuk menolong orang lain yang mengajukan pertanyaan.

Biasanya, di dalam forum tersebut, akan dipilih jawaban yang terbaik atas suatu pertanyaan tertentu. Karenanya, jika Anda bergabung dengan Yahoo! Answer, Anda bisa memberikan jawaban atas suatu pertanyaan yang diajukan anggota forum di sana, dan memberikan link ke posting di blog Anda sebagai sumbernya. Di forum tersebut ada boks yang disediakan untuk menyebutkan sumber jawaban Anda, dan di situ Anda bisa memasukkan alamat URL blog Anda.

Dengan cara ini, Anda bukan hanya dapat menolong memberikan jawaban untuk orang lain, tetapi juga akan mendatangkan traffic baru ke blog Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar