Tips Blogging: Interaktivitas Dengan Pembaca

Tidak ada komentar :
 Tips Blogging: Interaktivitas Dengan Pembaca

BIBLIOTIKA - Usahakan agar pembaca melakukan Digg atas artikel Anda. Digg adalah sebuah site yang mengumpulkan vote pada suatu artikel. Dengan kata lain, pembaca akan memberikan pendapatnya, entah suka atau tidak, pada suatu artikel.

Agar pembaca dapat mudah melakukan hal itu, tambahkan saja tombol Digg pada bagian bawah semua posting Anda di blog, sehingga pmbaca yang tertarik memberikan pendapatnya akan langsung dapat meng-klik tombol tersebut.

Pastikan artikel-artikel terbaik Anda mendapatkan Digg. Dan jika posting tersebut memang cukup baik, maka blog Anda akan mendapatkan banyak pengunjung setiap hari.

Dapatkan plugin ke social bookmarking site

Jika Anda mendapatkan plugin ke berbagai situs social bookmarking, maka Anda bisa menempatkan barisan tombol di bawah setiap post Anda, dan tombol-tombol itu dapat digunakan para pembaca atau pengunjung untuk men-submit artikel tersebut ke berbagai macam situs social bookmarking, semisal Digg, Netscape, Reddit, atau yang lainnya.

Dengan cara tersebut, maka posting-posting Anda akan ter-submit ke banyak situs social bookmarking, sehingga akan mendatangkan pengunjung yang lebih banyak.

Untuk mengetahui situs-situs apa saja yang menyediakan plugin ini, di bagian akhir buku ini telah disediakan daftar 140 alamat situs social bookmarking yang dapat Anda kunjungi.

Ciptakan blog senyaman mungkin

Jika kita memasuki sebuah toko, kita pasti akan merasa tidak kerasan atau tidak betah berada lama-lama di dalamnya jika toko tersebut tidak membuat kita merasa nyaman. Sebaliknya, ketika kita merasa nyaman ketika berada di dalamnya, kita pun jadi merasa betah melihat-lihat barang yang ada di toko tersebut.

Nah, begitu pula dengan blog. Ketika pengunjung blog kita merasa nyaman ketika mengunjungi blog kita, maka mereka pun akan betah dan berlama-lama di blog kita dengan membuka-buka posting yang ada. Sebaliknya, jika pengunjung merasa tidak nyaman, maka secepatnya mereka akan pergi meninggalkan blog kita.

Karenanya, buatlah blog yang senyaman mungkin, agar pengunjung blog jadi betah berlama-lama di blog Anda. Bagaimana cara agar pengunjung jadi nyaman? Biasakan untuk menulis kata-kata yang sopan dan menyenangkan, hindari ucapan kasar atau sarkastis, dan kalau Anda menjawab atau merespon komentar yang masuk, jawablah dengan baik.

Jika kita bisa berkomunikasi (tertulis) secara sopan dan menyenangkan, maka pengunjung pun akan merasa nyaman ketika berada di blog kita, dan mereka akan kembali lagi mengunjungi blog kita.

Upayakan untuk terus meningkatkan kualitas

Akan sangat bagus jika dari waktu ke waktu Anda terus berupaya meningkatkan kualitas posting-posting Anda di blog. Dengan peningkatan kualitas yang terus-menerus, pengunjung blog Anda pun akan tahu bahwa blog Anda terus berkembang, khususnya dalam hal posting. Setelah mereka percaya hal itu, maka mereka pun tidak akan meninggalkan blog Anda.

Sebaliknya, jika posting Anda hari demi hari justu makin menurun kualitasnya, maka pengunjung akan menjadi bosan meski perlahan-lahan. Bahkan umpama kualitas posting Anda terus stabil (tidak ada peningkatan kualitas) pengunjung pun bisa jadi bosan dan perlahan-lahan mereka akan mulai meninggalkan serta melupakan blog Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar