Tips Menyimpan Batik dan Kain Sutera

Tidak ada komentar :
  Tips Menyimpan Batik dan Kain Sutera

BIBLIOTIKA - Bagaimana pun juga, kain batik memang akan tetap abadi. Bahkan, banyak kaum ibu yang menyimpan kain batik kesayangannya sebagai ‘harta’ yang akan diwariskan kepada anak-anaknya. Sayangnya, banyak pula yang mengeluhkan kondisi kain batiknya karena disimpan beberapa lama, batikannya menjadi pudar dan warnanya menjadi kusam. Padahal nilai kain batik justru terdapat pada kecemerlangan batikan itu, bukan?

Nah, jika Anda sering mengoleksi batik dan tak ingin kain kesayangan Anda cepat menjadi kusam, ikuti saja tips berikut:

Pastikan selalu kain batik Anda dalam keadaan bersih total sebelum disimpan. Pastikan juga tempat penyimpanannya (lemari atau laci) tidak lembab. Dapat ditaburkan kapur barus di sudut-sudut laci atau lemari penyimpanannya.

Sebelum dimasukkan ke dalam lemari penyimpanan, bungkuslah tiap kain batik Anda dengan kertas minyak atau kertas sampul coklat yang mengkilap, dengan bagian mengkilap yang menghadap kain. Usahakan agar setiap kain selalu tak bersentuhan langsung dengan kain lainnya, tapi masing-masing dibungkus dengan kertas minyak atau sampul tadi.

Periksalah selalu kain batik Anda dengan cara membuka lemari penyimpanannya, dan membiarkan udara segar masuk untuk menjaga tingkat kekeringan lemari Anda.


Tips praktis merawat kain sutera

Memang susah-susah gampang merawat kain sutera. Kain yang istimewa ini membutuhkan penanganan yang lebih dibanding dengan merawat kain biasa. Nah, inilah tips untuk merawat kain sutera:

Sebaiknya kain sutera dicuci dengan dry clean agar tidak rusak seratnya. Jika terpaksa dicuci sendiri, ikuti langkah berikut ini:

Campur air hangat dengan deterjen secukupnya. Masukkan kain sutera ke dalamnya. Rendamlah selama 5 menit, jangan dikucek. Bilas sampai bersih, lalu diangin-anginkan. Hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari.

Simpan kain sutera di tempat yang kering. Hindari penggunaan kamfer atau kapur barus, karena bisa merusak dan mempengaruhi warna kain.

Jangan menyetrika kain sutera tanpa alas penahan. Gunakan kertas koran di atas kain untuk menahan panas setrika.


Tips menghilangkan noda pada baju sutera

Anda tentu akan merasa jengkel ketika melihat baju sutera kesayangan Anda dikotori oleh noda makanan berminyak yang membuat baju tersebut berkurang keindahannya. Untuk mengatasi masalah semacam itu, gunakan tips berikut.

Ambillah talk, lalu taburkanlah pada bagian baju sutera Anda yang terkena noda tadi. Setelah itu didiamkan atau diangin-anginkan selama satu malam. Keesokan harinya, cucilah baju itu sampai bersih. Noda berminyak pada baju sutera Anda pun kini telah hilang tanpa bekas lagi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar