Tips dan Cara Bijak Berbelanja

Tidak ada komentar :
Tips dan Cara Bijak Berbelanja

BIBLIOTIKA - Berbelanja itu mudah, namun karena mudahnya, kita pun seringkali tidak bijak dalam berbelanja. Berikut ini adalah tips yang bisa diikuti untuk dapat bijak dalam berbelanja:

Belilah barang yang walaupun lebih mahal sedikit tapi mempunyai kualitas barang yang bagus dan tahan lama dibandingkan dengan yang berharga murah tapi cepat rusak. Tentunya ini merupakan keuntungan bagi Anda, dan tidak perlu membeli barang serupa dua kali.

Hati-hati terhadap barang bermerek yang diobral murah. Mungkin ada kerusakan atau cacat. Misalnya, pada produk pakaian ada kancing yang lepas, jahitan yang rusak, kain robek, kotor, dan sebagainya. Sering, karena murah, kita langsung membeli tanpa mencoba dan mengeceknya terlebih dulu, dan setelah di rumah baru menyesal.

Jika membeli barang, khususnya pakaian, perhatikan lebih seksama lagi. Di toko pakaian, lampu yang dipasang sengaja yang bercahaya bagus sehingga berpengaruh pula pada image barang. Cahaya lampu yang bagus membuat warna pakaian nampak lebih bagus pula. Cari tempat yang agak menjauh dari lampu tapi kita masih dapat memperhatikan.

Apabila ada kesempatan untuk mencoba barang (peralatan atau pakaian), itu lebih baik Anda lakukan demi kepuasan agar tidak menyesal nantinya.


Tips belanja untuk hari raya

Bila sudah berada di pasar swalayan maupun pusat perbelanjaan dengan aneka pilihan produk, biasanya para ibu kerap kebingungan, terutama yang tidak terlalu disiplin. Akibatnya, barang-barang yang tak dibutuhkan secara mendesak pun turut dibeli.

Angaran untuk merayakan perayaan besar seperti hari raya tentunya cukup tinggi. Sehingga, yang tak perlu, lebih baik ditunda pembeliannya. Caranya antara lain adalah:
  1. Susunlah daftar prioritas barang atau jasa yang hendak Anda konsumsi dari rumah atau kantor sebelum Anda berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan.
  2. Pilihlah kebutuhan untuk perayaan hari raya sesuai konteks keberadaan Anda.
  3. Jika Anda melakukan perjalanan ke luar kota, mudik misalnya, konsumsi belanja penganan dan kue-kue perlu dilakukan.
  4. Tetapi jika Anda berencana melakukan perjalanan ke luar kota menjelang dan selama liburan hari raya, Anda tak perlu berbelanja produk-produk konsumsi yang cepat basi.
  5. Gunakan uang tunai hanya jika gerai perbelanjaan yang Anda kunjungi tidak menerima transaksi non-tunai.
  6. Selain itu, manfaatkan kartu kredit Anda yang kebetulan sudah dilunasi tagihannya, sehingga bisa digunakan secara maksimal kembali selama liburan hari raya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar