Tips agar Baju Kusam Kembali Cemerlang

Tidak ada komentar :
 Tips agar Baju Kusam Kembali Cemerlang

BIBLIOTIKA - Seringkali, deterjen biasa tidak sanggup membersihkan atau memutihkan pakaian yang telah kusam. Pemutih yang ada di pasaran atau bleaching merupakan pembantu untuk mengusir noda dan membuat baju putih jadi bersinar. Namun jika tidak hati-hati dalam memakainya, pakaian Anda bukannya menjadi putih, tetapi justru menjadi rusak.

Nah, berikut ini adalah cara ampuh mengusir noda baju dengan pemutih:

Sebaiknya Anda melihat jenis kain yang akan dicuci, karena ada beberapa kain yang tidak bisa dicuci dengan pemutih. Kain jenis ini justru akan jadi menguning bila dicuci dengan pemutih.

Jangan langsung menuangkan pemutih di atas cucian pakaian. Siapkan dulu air dan pemutih yang sudah diaduk rata, baru setelah itu masukkan pakaian ke dalamnya.

Pisahkan jenis pakaian yang akan diberi pemutih. Satukan pakaian kasar dengan bahan kasar dan pakaian halus dengan yang halus.

Rendamlah pakaian ke dalam pemutih tidak lebih dari 15 menit. Terlalu lama merendam dengan pemutih akan membuat serat pakaian menjadi rusak.

Jika pemutih dan deterjen Anda campur, sebaiknya cuci dulu pakaian dengan deterjen, baru ditambahkan pemutih.


Cara lain mengatasi baju kusam

Selain untuk obat darah tinggi dan dibuat manisan, belimbing sayur dapat juga mengembalikan warna baju atau kain yang kusam jadi putih bersih kembali.

Caranya, setelah kain atau baju kusam itu dibasahi, gosokkan belimbing secara merata agar tidak terjadi plak-plakan. Biarkan selama semalam, lalu keesokan harinya cucilah dan bilaslah seperti biasa. Baju kusam pun kembali putih seperti semula.


Tips agar kerah baju selalu awet

Noda di kerah kemeja atau kaos seringkali sulit dihilangkan meski sudah dikucek-kucek dengan keras sampai tangan jadi lecet. Kotoran dan keringat pada leher memang sulit sekali dihilangkan. Nah, agar kotoran itu tidak tetap melekat pada kerah baju, rasanya Anda perlu mencermati tips yang berikut.

Kerah yang kotor sebaiknya jangan langsung direndam dengan air deterjen. Tetapi olesi bagian kerah yang kotor itu dengan cairan shampo atau sabun colek terlebih dulu. Setelah itu sikat pelan-pelan dan basahi dengan air panas.

Nah, kerah yang habis disikat tadi lalu dibilas dengan air hangat. Baru setelah itu kemeja atau kaos bisa direndam dalam air deterjen untuk dicuci.


Tips menghilangkan noda getah pada baju

Mungkin karena kurang hati-hati saat makan nangka atau mangga, pakaian yang Anda kenakan pun kemudian terkena getahnya. Getah yang melekat pada pakaian ini seringkali sulit dihilangkan. Namun Anda tak perlu khawatir, karena tips berikut ini mampu mengatasinya.

Ambillah cuka, lalu teteskanlah pada bagian baju yang terkena getah tadi. Bilas sebentar, lalu langsung dicuci dengan air sabun. Getah itu pun akan hilang.

Yang perlu diingat, tetesan cuka pada baju ini jangan sampai terlalu lama dibiarkan karena kalau terlalu lama menempel pada kain justru akan merusak baju itu sendiri.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar