Panduan Pintar dan Komplit Menggunakan Google (1)

Tidak ada komentar :
Panduan Pintar dan Komplit Menggunakan Google

BIBLIOTIKA - Jika orang ditanya, search engine atau mesin pencari apa yang paling populer pada masa sekarang ini, maka orang pasti akan menjawab Google. Di internet, Google memang telah menjadi andalan jutaan orang di seluruh dunia dalam hal pencarian data, karena mesin pencari yang satu ini memang telah mengindeks bermilyar-milyar data yang ada di dalam internet, sehingga bisa disuguhkan kepada siapa pun yang mencarinya (dengan melalui search engine Google).

Tetapi, tahukah Anda, bagaimana cara pintar menggunakan Google? Kebanyakan orang mungkin biasa menggunakan Google sebatas sebagai mesin pencari atas suatu data yang ada di internet. Tetapi, sebenarnya, Google jauh lebih hebat dari itu. Melalui Google, Anda bisa mendapatkan sekedar data, tetapi juga hal-hal lain yang mungkin sebelumnya tidak Anda bayangkan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini uraiannya. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung membuka internet Anda dan mengunjungi alamat-alamat milik Google yang dijelaskan di bawah ini. Dengan mengetahui hal-hal berikut ini, maka Anda akan lebih dapat mengenal Google, dapat lebih cepat dalam mencari suatu data yang Anda inginkan, juga akan mempersingkat waktu pencarian Anda.
  1. Jika Anda ingin lebih memahami mengenai analisa pencarian yang Anda lakukan, Anda dapat melihatnya di alamat milik Google yang secara khusus ditujukan untuk belajar mengenai segala hal mencakup Google search (http://www.google.com/help/interpret.html).
  2. Untuk belajar lebih jauh dalam topik yang sama, Anda dapat melihatnya pada Essensial Google Search (http://www.google.com/help/ basics.html).
  3. Jika Anda ingin belajar mengenai costumize atas hasil pencarian melalui Google, Anda bisa melihatnya di http://www.google.com/help/ customize.html.

Berikut ini alamat tool-tool resmi milik Google:
  1. Google Search Engine: http://www.google.com/ untuk melakukan pencarian secara universal.
  2. Google Advanced Search (http://www.google.com/advanced_search? hl=en), untuk pencarian dengan parameter yang spesifik.
  3. Google Suggest (http://www.google.com/webhp?complete=1&hl=en), bila Anda tidak tahu secara pasti mengenai apa yang Anda cari, maka Anda dapat belajar menggunakan fasilitas ini. Google Suggest akan menawarkan beberapa pilihan atas apa yang ingin Anda cari.
  4. Google Trends (http://www.google.com/trends), untuk memberikan data dan tampilan grafik dari kata yang digunakan dalam pencarian.
  5. Google Personalized Search (http://www.google.com/psearch), untuk pencarian yang lebih relevan.
  6. Google Search History (http://www.google.com/searchhistory), untuk mencatat semua daftar pencarian yang pernah Anda lakukan.
  7. Google Blog search (http://blogsearch.google.com/), untuk melakukan pencarian secara khusus pada blog.
  8. Blogger Blog Search (http://search.blogger.com/), untuk melakukan pencarian secara khusus pada blogger.
  9. Google Directory (http://www.google.com/dirhp), untuk pengelompokan situs berdasarkan topik ke dalam kategori.
  10. Google Alerts (http://www.google.com/alerts), untuk mengirimkan isi halaman situs dalam bentuk e-mail.

Berikut ini alamat Google untuk pencarian khusus:
  1. Google Video (http://video.google.com/), untuk mencari acara televisi dan video.
  2. Google Image Search (http://images.google.com/), untuk mencari gambar atau image.
  3. Google Music Search (http://google.com/musicsearch/), untuk mencari data tentang musik.
  4. Google Book Search (http://books.google.com/), untuk mencari buku-buku tertentu.
  5. Google Catalogs (http://catalogs.google.com/), untuk mencari katalog dari suatu produk.
  6. Google Froogle (http://froogle.google.com/), untuk mencari tempat untuk berbelanja.
  7. Google News (http://news.google.com/), untuk mencari dan membaca berita.
  8. Google News Archive Search (http://news.google.com/archivesearch), untuk mencari dan menjelajahi arsip-arsip sejarah.
  9. Google Scholar (http://scholar.google.com/), untuk mencari informasi seputar ilmu pengetahuan.
  10. Google Patent Search (http://www.google.com/patents), untuk mencari paten yang terdapat di USA.
  11. Google Maps (http://maps.google.com/), untuk mencari lokasi dalam bentuk peta.
  12. Google Public Service Search (https://services.google.com/ publicservice/login), untuk mencari institusi-institusi pendidikan dan organisasi nonprofit lainnya.
  13. Google’s University Search (http://www.google.com/options/ universities.html), untuk mencari informasi mengenai sekolah-sekolah tertentu.
  14. Google Ride Finder (http://labs.google.com/ridefinder), untuk mencari taksi pada kota-kota tujuan.
  15. Google Base (http://base.google.com/base/), bila Anda mempunyai suatu artikel atau produk, tetapi tidak mempunyai situs, dan ingin agar produk Anda dapat ditemukan dalam daftar pencarian.

Berikut ini alamat Google untuk mencari topik yang spesifik:
  1. Google’s Special Searches (http://www.google.com/options/ specialsearches.html), untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal pada topik-topik yang khusus.
  2. Google Apple/Macintosh Search (http://www.google.com/mac.html), untuk mencari situs-situs yang berhubungan dengan Apple/Macintosh.
  3. Google Microsoft Search (http://www.google.com/microsoft.html), untuk mencari situs-situs tentang Microsoft.
  4. Google Linux Search (http://www.google.com/linux), untuk mencari situs-situs tentang Linux.
  5. Google U.S. Government Search (http://www.google.com/unclesam), untuk mencari situs-situs Pemerintah dan Militer Amerika Serikat.
  6. BSD Unix (http://www.google.com/bsd), untuk mencari situs-situs tentang sitem operasi BSD.

Berikut ini alamat Google untuk para webmaster:
  1. Google AdSense for search (https://www.google.com/adsense/), alamat ini memberikan Anda kesempatan untuk ikut mencari keuntungan melalui Google.
  2. Google Free (http://www.google.com/searchcode.html), alamat ini mengizinkan Anda untuk melakukan pencarian pada situs-situs yang Anda tentukan sendiri.
  3. Google Custom Search Engine (http://google.com/coop/cse/), dengan fasilitas yang ada di alamat ini, Anda dapat membuat search engine milik Anda sendiri.
  4. Site-flavored Google search (http://www.google.com/services/ siteflavored.html), alamat ini memberikan hasil pencarian pada situs atau blog Anda.
  5. Customizable Google Search (http://www.google.com/services/ free.html), alamat ini memodifikasi warna dan font halaman hasil pencarian menurut selera Anda.
  6. Google Search Appliance (http://www.google.com/enterprise/gsa/), alamat ini menyuguhkan produk hardware dan software yang didesain untuk bisnis dalam skala besar.
  7. Google Mini (http://www.google.com/enterprise/mini/index.html), Google Search yang secara khusus ditujukan untuk situs dan intranet Anda.

Baca lanjutannya: Panduan Pintar dan Komplit Menggunakan Google (2)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar