Panduan Mengatasi Masalah Rumah Setelah Musim Hujan

Tidak ada komentar :
 Panduan Mengatasi Masalah Rumah Setelah Musim Hujan

BIBLIOTIKA - Ketika musim penghujan datang, perubahan ini tidak hanya mempengaruhi cuaca sehari-hari dalam hidup kita, tetapi juga seringkali ikut mempengaruhi kondisi rumah kita. Seperti yang kita tahu, musim penghujan menjadikan curah hujan lebih sering, dan hal ini mengakibatkan banyak kemungkinan, dari atap genteng yang bocor, dinding lembap, sampai kemungkinan banjir.

Berikut ini adalah hal-hal yang biasa diakibatkan oleh datangnya musim hujan, dan tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Lantai keramik meleduk

Lantai yang meleduk atau terangkat, terjadi karena adanya pergeseran tanah yang diakibatkan oleh curah hujan. Ketika terjadi pergeseran tanah permukaan, maka biasanya pelapis lantai dari keramik akan terangkat. Hal lainnya yang ikut berpengaruh dalam hal ini adalah karena kualitas perekat keramik yang tidak stabil, penggunaan adukan manual yang kurang baik, atau karena hal-hal lain yang mempercepat terangkatnya keramik ketika terjadi pergeseran tanah.

Ciri-ciri keramik meleduk atau terangkat adalah permukaan lantai yang tidak lagi datar, dan amblas jika diinjak. Untuk mengatasi permasalahan ini, silakan lakukan hal berikut.

Apabila kondisi keramik yang terangkat itu cukup parah, lepaskanlah keramik pada bagian yang rusak. Setelah itu, pasanglah keramik yang baru, dengan menggunakan semen atau perekat keramik yang khusus, agar daya rekatnya lebih maksimal atau lebih bagus.

Dinding yang retak

Keretakan dinding banyak terjadi setelah musim hujan. Hal ini terjadi karena dinding menjadi sangat lembap ketika musim hujan, dan kemudian terpapar sinar matahari ketika musim hujan berlalu. Jika kualitas dinding kurang baik, maka keretakan pun terjadi. Selain itu, pengadukan konvensional yang dilakukan pada tanah, yang membawa campuran tanah pada bahan adukan, juga bisa menyebabkan terjadinya keretakan.

Keretakan dinding digolongkan menjadi dua, yaitu retak struktur dan retak rambut. Retak struktur adalah keretakan yang terjadi pada dinding seperti terbelah dari atas ke bawah ataupun horisontal. Sedangkan retak rambut adalah retak yang berupa garis-garis tipis, yang membentuk banyak pecahan.

Untuk retak rambut, Anda bisa memperbaikinya dengan cukup mudah, yaitu dengan plamir, waterproofing, dan cat, Anda bisa menutup retakan tersebut dengan baik.

Keretakan pada dinding yang mengakibatkan rembesan air ke dalam ruangan, bisa menimbulkan kerusakan pada cat, dan berkembangnya jamur. Apabila rembesan air terjadi terus-menerus pada musim hujan, maka lama-lama akan menimbulkan noda dan menjadikan cat mengelupas.

Cat yang mengelupas

Mengelupasnya cat dari dinding sangat dipengaruhi oleh kualitas cat yang digunakan. Seperti yang telah kita ketahui, cat memiliki sifat yang semakin lama semakin keras. Karenanya, semakin lama cat semakin tidak bisa mengikuti permukaan dinding. Cat yang kualitasnya rendah juga memiliki daya rekat yang tidak maksimal, sehingga mudah terkelupas.

Pengelupasan cat lebih sering terjadi pada cat yang sudah lama. Untuk mengatasinya, lakukan tips berikut.

Bersihkan dahulu bagian cat yang mengelupas, dan kemudian ratakan permukaannya, sehingga tidak terjadi perbedaan ketebalan dengan sekelilingnya. Setelah itu, beri lapisan cat dasar agar lapisan cat akhir bisa melekat dengan sempurna.

Plafon yang ternoda

Ketika atap rumah bocor selama musim penghujan, maka biasanya bahan plafon yang menggunakan tripleks atau gypsum akan sangat mudah dihinggapi jamur.

Ciri-ciri untuk menandai hal ini adalah warna plafon yang jadi kekuningan, dan apabila dibiarkan maka akan muncul noda kehitam-hitaman.

Nah, apabila plafon terbuat dari tripleks, maka kita harus mengganti seluruh plafon. Jika kita menggunakan plafon dari gypsum, maka cukup memperbaiki bagian-bagian yang ternoda. Perbaikan plafon gypsum sangat mudah. Caranya sebagai berikut.

Apabila area plafon yang terkena noda tidak terlalu meluas, cukup mengganti gypsum sesuai ukuran daerah yang rusak. Kemudian kita dapat mengecat ulang pada seluruh area plafon, sehingga area tambalan gypsum yang rusak tadi akan terlihat baru kembali.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar