Panduan Memilih Software yang Tepat

Tidak ada komentar :
 Panduan Memilih Software yang Tepat

BIBLIOTIKA - Pada saat ini, tak terhitung banyaknya software yang beredar, baik yang gratisan ataupun yang berbayar. Seiring dengan laju perkembangan zaman, kebutuhan orang akan penggunaan komputer pun semakin beragam, dan ini menuntut munculnya aneka macam software baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pada zaman dulu, software komputer jumlahnya masih sangat terbatas, hanya seputar software pengolahan data semisal Microsoft Word. Namun pada masa sekarang, software sudah ditujukan untuk berbagai macam keperluan, dari pengolahan data dan gambar, sampai software-software multi media. Dan perkembangan software pun sepertinya akan terus melaju dengan makin banyaknya software yang ditujukan untuk pemakaian komputer.

Karena banyaknya software yang beredar, maka tidak jarang pula orang menjadi bingung, atau bahkan sampai salah pilih. Karenanya, berikut ini sekadar panduan dalam hal memilih software yang tepat untuk Anda.

Bacalah reviu software tersebut

Untuk dapat mengenali sebuah software dengan baik, kita perlu membaca ulasan atau reviunya terlebih dulu. Mendapatkan reviu atau penjelasan atas sebuah software bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi software tersebut, ataupun membaca buku atau bacaan lain yang berhubungan dengan software tersebut.

Dengan membaca reviunya, kita akan memperoleh penjelasan yang cukup utuh mengenai software tesebut, sehingga kita bisa menakar dan menimbangnya apakah kita memang membutuhkan software itu ataukah tidak.

Reviu atas sebuah software biasanya tidak hanya menjelaskan kegunaan, manfaat dan fitur-fitur software saja, melainkan juga sampai pada besarnya kapasitas software tesebut dalam ruang komputer ketika software tersebut diinstal. Dengan mengetahui hal-hal ini, kita pun akan lebih yakin ketika mulai menginstal sebuah software dalam komputer yang kita gunakan.

Ada kalanya orang menginstal sebuah software karena terpengaruh kawan atau orang lain. Padahal, kebutuhan masing-masing orang bisa saja berbeda atas sebuah software, juga kualitas komputernya. Software yang memiliki kapasitas besar mungkin akan baik-baik saja jika diinstal di komputer Pentium 4, misalnya, tetapi belum tentu software itu akan cocok ketika diinstal di komputer versi di bawahnya.

Karenanya, sekali lagi, bacalah reviu atau penjelasannya terlebih dulu, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari menyangkut software yang kita pilih.

Gunakan versi yang tepat

Sebagaimana yang disebutkan di atas, sebuah software yang mungkin bagus diinstal di komputer Pentium 4 bisa saja jadi masalah ketika diinstal di komputer Pentium di bawahnya. Selain itu, versi sebuah komputer juga akan mempengaruhi sebuah software yang digunakan.

Seperti yang kita tahu, program Windows saja memiliki berbagai seri atau versi, dari Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, sampai Windows 7 dan 8. Karenanya, suatu software tertentu yang mungkin cocok diinstal di komputer Windows 7, belum tentu akan cocok pula ketika diinstal di komputer yang menggunakan Windows 98.

Hal itu juga terjadi pada software atau aplikasi untuk keperluan handphone. Sebuah aplikasi mungkin akan cocok untuk handphone merek tertentu dengan seri tertentu. Tetapi aplikasi yang sama itu belum tentu cocok pula ketika diinstal di handphone lain dengan merek atau seri lain.

Karenanya, sebelum memilih dan menginstal sebuah software atau aplikasi, perhatikan terlebih dulu apakah software tersebut memang cocok dengan versi komputer atau handphone kita ataukah tidak.

Apabila sebuah software ternyata tidak cocok dengan versi komputer yang digunakan, maka software tersebut tidak akan berjalan atau berfungsi dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Begitu pula, apabila sebuah aplikasi tidak cocok dengan handphone yang mengintalnya, aplikasi itu juga tidak bisa berjalan dengan sempurna, meski proses instalnya sudah sempurna.

Pilih yang berbayar atau gratisan

Yang menjadi alasan banyak orang memburu software- software gratisan adalah karena kenyataan harga software yang relatif mahal, khususnya di Indonesia. Karenanya, jika memang Anda merasa berat jika membeli software yang berbayar (apalagi yang harganya mahal), Anda bisa mencarinya di internet.

Di internet ada cukup banyak software gratis yang memiliki fitur atau fungsi, bahkan dengan kualitas yang setara dengan software-software berbayar. Daripada membeli yang bajakan, mendapatkan software gratis di internet jauh lebih baik. Setidaknya lebih aman, karena software tersebut memang gratis, sehingga tidak menyalahi hukum apa pun jika digunakan.

Hanya saja, jika Anda adalah seorang yang bekerja secara profesional dengan menggunakan komputer, dan Anda membutuhkan software-software tertentu untuk mendukung pekerjaan Anda dengan fungsi yang benar-benar hebat, maka disarankan sebaiknya Anda menggunakan software-software yang berbayar.

Coba dulu sebelum membeli

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, salah satu hal yang membuat munculnya situs-situs yang menyediakan aneka software gratis adalah untuk tujuan test produk. Karenanya, jika Anda menginginkan sebuah software tertentu untuk komputer Anda, alangkah lebih baik jika Anda mencoba terlebih dulu software tersebut untuk melihat kinerjanya.

Kunjungilah situs yang menyediakan software yang Anda butuhkan tersebut, lalu download-lah software yang Anda butuhkan, lalu cobalah di komputer Anda. Jika hasilnya memang seperti yang Anda harapkan, Anda bisa membelinya. Namun jika tidak, Anda bisa mencoba software yang lain.

Karena harga software yang relatif mahal, maka mencoba sebelum membeli suatu software adalah langkah yang bijaksana. Lebih baik repot sedikit daripada membuang uang secara percuma.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar