Cara Mendeteksi Kualitas Oli Samping Kendaraan

Tidak ada komentar :
 Cara Mendeteksi Kualitas Oli Samping Kendaraan

BIBLIOTIKA - Banyak oli samping beredar, dari yang paling murah sampai yang sangat mahal dan tak terjangkau harganya. Tapi, harga mahal bukanlah jaminan mutlak kualitas bagus. Nah, untuk mengetahui kualitas suatu oli samping, kita bisa mendeteksinya dengan cara yang praktis sebagai berikut:

Siapkan botol berukuran cukup besar yang bening (ukuran 1 liter atau lebih).

Campurlah oli samping dengan bensin dalam botol tersebut. Perbandingannya 1:40 (satu liter bensin dengan 40 cc oli samping). Tapi, kalau tidak ada botol yang besar, bisa juga mengurangi perbandingannya. Misalnya setengah liter bensin dengan 20 cc oli.

Kemudian kocoklah sampai oli dan bensin tercampur sempurna. Setelah itu, simpanlah di tempat yang aman selama 24 jam. Jauhkan dari jangkauan anak.

Besoknya, kalau campuran tersebut berubah warna menjadi orange juice, berarti kualitas oli tersebut tidak bagus. Oli yang bagus akan tetap tercampur sempurna dengan bensin. Yang hijau tetap hijau, begitu pun yang berwarna merah.

Sebaliknya, kalau campuran oli dan bensin warnanya berubah, itu menandakan oli tak bisa bercampur dengan baik dan hanya mengendap di dasar botol. Jika tes membuktikan oli berkualitas jelek, sebaiknya jangan dipakai. Karena selain daya lumasnya kurang, juga bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin motor.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar