Apa saja Kelebihan Gmail yang Perlu Anda Tahu

Tidak ada komentar :
 Apa saja Kelebihan Gmail yang Perlu Anda Tahu
BIBLIOTIKA - Gmail merupakan layanan e-mail milik Google yang bisa dibilang usianya masih relatif muda dibandingkan dengan layanan e-mail pesaing seperti Yahoo!Mail, AOL Mail, dan Windows Live Hotmail. Layanan surat elektronik ini diluncurkan Google sekitar April 2004.

Meski usianya relatif masih muda, tetapi dalam waktu yang cukup singkat Gmail benar-benar telah menunjukkan perkembangan pesat terutama pada tahun 2008. Pada periode itu, jumlah pengunjung unik Gmail berkembang hingga 43% dari tahun sebelumnya yang mencapai 29,6 juta orang.

Para pengguna internet yang telah memiliki alamat e-mail di situs penyedia e-mail lain, diperkirakan banyak yang beralih ke Gmail sebagai alamat e-mail barunya. Ada beberapa kemungkinan alasan orang yang beralih ke layanan Gmail tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Semua e-mail di Gmail terhubung secara online, sehingga pemiliknya dapat mengakses e-mail di mana saja.

Gmail dapat menyaring hingga 99% spam yang berhasil masuk ke inbox dengan fasilitas Spam filter.

Dengan Gmail, orang dapat mengalihkan e-mail lama miliknya untuk masuk ke account Gmail. E-mail yang dikirimkan melalui account baru juga akan mencantumkan alamat e-mail yang lama pula.

Dengan Gmail, pengguna dapat sekaligus menggunakan layanan GoogleDocs (dokumen word, PDF, dan spread sheet). Layanan ini memungkinkan kita membuat jadwal aktivitas dengan menggunakan Google Calendar, sehingga bisa mengingatkan kita pada berbagai macam aktivitas, baik janji maupun pertemuan.

Fitur Stars yang dimiliki Gmail memungkinkan pengguna untuk dapat menandai e-mail yang dianggap penting, sehingga bisa dengan mudah melakukan pencarian e-mail yang telah ditandai tadi.

E-mail dapat dikelompokkan menjadi sebuah thread (percakapan). Hal ini tentu saja akan memudahkan pengguna untuk membacanya, dan tidak perlu sibuk mencari e-mail yang berhubungan dengan e-mail yang sedang dibaca.

Gmail dapat mengarsipkan e-mail yang sudah usang, sehingga inbox akan tetap bersih. Pengguna juga dapat menyiapkan filter dan label untuk membuat inbox tetap terorganisir dan bersih.

Fungsi pencarian yang ada di Gmail bisa digunakan secara cepat dan mudah, seperti halnya Google Search, sehingga kemungkinan besar kehilangan e-mail tidak akan terjadi.

Google menerapkan konsep “Search, don’t sort” yang memungkinkan pengguna tidak perlu sibuk mengatur e-mail ke dalam folder. Layanan ini sangat peduli dengan keamanan pengguna, memberikan berbagai fitur keamanan seperti pemantauan dan remote sign out.

Gmail menyediakan kapasitas yang cukup besar, dan akan terus bertambah. Aksesnya pun ringan dan cepat karena minim gambar.


Tips login ke banyak account Google Talk

Anda yang gemar chatting di internet pasti kenal dengan Google Talk, sebuah layanan pesan instan untuk berkomunikasi yang dimiliki oleh Google. Google Talk memungkinkan pengguna yang memiliki account e-mail di Google dapat berkomunikasi satu sama lain melalui internet.

Nah, tahukah Anda, di Google Talk Anda bisa login secara sekaligus ke lebih dari satu account Google Talk secara bersamaan. Jika Anda tertarik, berikut ini caranya:
  1. Pertama, buatlah shortcut Google Talk di desktop komputer Anda. Untuk membuat shortcut, caranya klik kanan pada aplikasi messenger Google Talk, lalu pilih Send To –> Desktop (create shortcut).
  2. Klik kanan pada icon Google Talk, kemudian pilih Properties.
  3. Ubah teks lokasi pada kolom Target, yang awalnya “C:\Program Files\Google\Google Talk\googletalk.exe” /startmenu” menjadi “C:\Program Files\Google\Google Talk\googletalk.exe” /nomutex.
  4. Klik Ok.

Nah, sekarang Anda bisa mengaktifkan beberapa layanan messenger Google Talk secara bersamaan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar