50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah (Bagian 4)

Tidak ada komentar :
50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Nomor 11:
Lampu Sein ~ ditemukan pada tahun 1950


Sebelum tahun 1950, mobil belum memiliki lampu sein sebagai pelengkap berkendara. Dulu, tanda akan berbelok atau memutar jalan menggunakan sistem semapur di sisi luar mobil. Lampu sein yang dipasangkan pada mobil pertama kali ditemukan di Amerika yang menggantikan sistem semapur tadi, dan pada tahun 1965, Inggris kemudian mewajibkan warna orange untuk lampu sein mobil, seperti yang kini kita kenal sekarang.

Nomor 10:
Mobil Hibrida ~ ditemukan pada tahun 2000


Ini adalah jenis mobil yang merupakan gabungan dari motor elektrik dan mesin konvensional yang jauh lebih irit dalam hal bahan bakar dibanding dengan mobil-mobil biasa. Mobil hibrida ini sudah mulai diproduksi oleh Honda yang menciptakan Honda Insight, dan perusahaan Toyota yang menciptakan Toyota Prius.

Nomor 9:
Hatchback ~ ditemukan pada tahun 1940


Piranti yang berhubungan dengan pengereman ini pertama kali dipakai pada mobil Austin seri A40 Countryman.

Nomor 8:
Kotak Sinkromes ~ ditemukan pada tahun 1940


Sistem temuan perusahaan General Motor ini menggunakan gigi kerucut untuk menyesuaikan putaran antara roda gigi yang akan dihubungkan. Dengan bantuan sistem ini, maka perpindahan gigi persneling pun berlangsung lebih mulus.

Nomor 7:
Ban Radial ~ ditemukan pada tahun 1953


Pelopor ban jenis ini adalah perusahaan Michelin, produsen ban asal Perancis. Ban jenis radial dipakai pertama kali oleh mobil Citroen Traction, karena Michelin adalah pemilik saham perusahaan mobil tersebut.

Nomor 6:
Wiper dan Semprotan Kaca ~ ditemukan pada tahun 1930


Pernahkah membayangkan bagaimana rasanya mengendarai saat hujan turun namun tak ada wiper yang menghapus air dan membersihkan kaca dari rinai hujan? Problem semacam itu kemudian terpecahkan pada tahun 1930 saat ditemukannya piranti kecil namun penting bernama wiper ini.

Nomor 5:
Disc Brake ~ ditemukan pada tahun 1953


Prinsip penciptaan piranti ini sebenarnya sederhana. Semakin panas rem, maka daya cengkramnya akan semakin berkurang. Makin besar permukaan yang terkena udara, maka otomatis membuat rem tetap dingin. Dengan dasar pemikiran semacam itulah kemudian diciptakan rem piringan atau rem cakram. Rem jenis ini diprakarsai pertama kali oleh perusahaan Dunlop dan dipakai pertama kali pada mobil Jaguar C-Type.

Nomor 4:
Manajemen Mesin Elektronik ~ ditemukan pada tahun 1980


Piranti ini diciptakan untuk menggantikan tugas karburator. Rangkaian elektronik yang mengontrol perbandingan jumlah bahan bakar dan udara serta pengaturan waktu pengapian dalam hitungan perseribu detik. Dengan piranti ini, mesin mobil pun akan selalu bekerja secara optimal dengan hasil pembakaran yang bersih.

Nomor 3:
Air-Conditioning (AC) ~ ditemukan pada tahun 1950


Pengatur suhu ruangan yang diletakkan dalam mobil ini pertama kali dikenal di Amerika, kemudian merambat ke Jepang dan Eropa. AC jenis modern seperti yang sekarang kita kenal ini sudah sangat canggih karena telah terintegrasi pada sistem pemanas dan memiliki kontrol temperatur, bahkan konon ada yang bisa merasakan arah sinar matahari.

Nomor 2:
Font-Wheel Drive ~ ditemukan pada tahun 1931


Kebanyakan, atau bahkan hampir semua mobil modern yang diciptakan pada jaman ini, menerapkan sistem ini. Sistem ini bukan hanya membuat desain ruang mobil menjadi efisien, namun yang lebih utama adalah memberikan pengendalian yang lebih mudah bagi pengendara.

Nomor 1:
Seatbelt ~ ditemukan pada tahun 1950


Nah, inilah temuan yang dianggap paling berharga yang telah menyelamatkan nyawa jutaan orang di dunia ini dari kecelakaan saat berkendara di jalan raya. Piranti penyelamat yang biasa disebut sabuk pengaman ini diperkenalkan pertama kali pada publik oleh mobil Volvo.

Awalnya, sabuk pengaman hanya terdiri dari belt diagonal yang sederhana, namun kemudian pada tahun 60-an mulai dibuat seatbelt tiga titik dan terus disempurnakan hingga menjadi seperti yang sekarang kita kenal. Semua mobil yang dijual di Inggris sejak tahun 1965 sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman ini, tetapi kewajiban memakainya baru diberlakukan pada satu dekade kemudian.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar