50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah (Bagian 3)

Tidak ada komentar :
 50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Nomor 24:
Otomatic Gearbox ~ ditemukan pada tahun 1940


Otomatic gearbox atau girbok otomatis pertama kali muncul di Amerika. Oldsmobile 1940 menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan, dan memakai prinsip torque converter seperti sekarang. Pada tahun 1958, perusahaan otomotif Belanda, DAF, kemudian memperkenalkan continuously variable transmission (CVT).

Nomor 23:
Cuk Otomatis ~ ditemukan pada tahun 1992


Seringnya masalah starter kendaraan yang timbul karena mesin yang dingin menjadi dasar dari diciptakannya cuk otomatis ini. Dengan piranti ini, starter menjadi lebih mudah dalam kondisi mesin yang sedingin apapun. Namun kelemahannya, bila cuk otomatis ini sudah rusak, maka cuk akan membutuhkan waktu kerja yang lebih lama, yang tentu saja akan memboroskan bahan bakar.

Nomor 22:
Four-Wheel Drive ~ ditemukan pada tahun 1946


Piranti ini diperkenalkan pertama kali oleh mobil Jeep Willys pada waktu Perang Dunia kedua, yang kemudian menjadi semacam piranti wajib bagi kendaraan-kendaraan off-roader dan mobil-mobil reli.

Nomor 21:
MacPherson Strut Suspension ~ ditemukan pada tahun 1950


Pengurangan jumlah logam dalam mobil sama artinya dengan mengirit jumlah uang. Itulah yang mendasari gagasan Earl S. MacPherson ketika menciptakan suspensi yang bisa memperkuat struktur rangka mobil yang kemudian dikenal dengan nama MacPherson Strut Suspension ini. Piranti ini diterapkan pertama kali oleh mobil Ford MkI Consul, yang kemudian banyak diadopsi oleh merek-merek mobil lain.

Nomor 20:
Mesin Alumunium ~ ditemukan pada tahun 1962


Perusahaan otomotif Reliant Regal 3/25 adalah pelopor dari teknologi mesin yang ringan ini. Di Amerika, Buick V8 menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin alumunium. Setelah itu, perusahaan mobil raksasa General Motor membuat mesin alumunium pertama tanpa liner silinder pada mobil Chevy’s Vega.

Nomor 19:
Mesin Multi-Katup ~ ditemukan pada tahun 1970


Penciptaan piranti ini berawal dari upaya untuk memperpanjang napas atau usia mesin dengan menambahkan katup. Mesin balap 4 silinder produksi Peugeot menggunakan 16 katup sebelum perang dunia pertama. Sedang untuk mobil jalan raya baru muncul pada tahun 1970 yang diperkenalkan pertama kali pada mobil Ford Escort 1600.

Nomor 18:
Collapsible Steering Column ~ ditemukan pada tahun 1960


Piranti ini diciptakan dengan tujuan untuk mengurangi risiko cedera yang diakibatkan hantaman setir ketika tabrakan terjadi saat berkendara.

Nomor 17:
Crumple Zone ~ ditemukan pada tahun 1960


Piranti ini juga berfungsi untuk menyelamatkan pengendara ketika kecelakaan terjadi. Crumple zone atau zona penyerap benturan dan sangkar pengaman penumpang ini pertama kali diprakarsai oleh mobil Mercedes-Benz 220 yang diciptakan pada tahun 1959.

Nomor 16:
Anti-Lock Brakes (ABS) ~ ditemukan pada tahun 1965


Piranti ini dipelopori oleh perusahaan Dunlop yang menciptakan Maxaret anti-lock system yang dipakai di mobil Jensen seri C-V8 FF.

Nomor 15:
Sandaran Kepala ~ ditemukan pada tahun 1980


Sandaran kepala yang berada di bagian atas jok mobil seringkali dianggap sebagai tempat sandaran kepala selama berkendara atau ketika tengah bersantai saat berada di dalam mobil yang tengah parkir. Padahal, sandaran kepala ini diciptakan bukan untuk tujuan kenyamanan, melainkan untuk mencegah cedera leher jika terjadi benturan saat kecelakaan terjadi.

Nomor 14:
Safety Glass ~ ditemukan pada tahun 1920


Ketika kecelakaan di jalan raya terjadi, maka kaca mobil adalah benda yang rawan mengalami kerusakan akibat benturan. Pecahan kaca mobil tentu dapat membahayakan jiwa pengendara maupun penumpang dalam mobil. Berdasarkan pemikiran semacam itulah kemudian diciptakan safety glass atau kaca plastik yang agak tebal. Kaca jenis ini lebih kuat, dan apabila pecah berbentuk kristal sehingga lebih aman digunakan untuk kendaraan.

Nomor 13:
Power Steering ~ ditemukan pada tahun 1940


Setir yang berat saat digunakan berkendara kini teratasi setelah ditemukannya piranti ini. Dengan power steering, berkendara jadi lebih nyaman dan menyenangkan karena setir tidak lagi terasa berat saat dikendalikan. Piranti ini dipelopori oleh mobil-mobil besar buatan Amerika, lebih dari enam puluh tahun yang lalu.

Nomor 12:
Fuel Injection ~ ditemukan pada tahun 1930


Piranti ini dianggap lebih efisien dibanding dengan karburator. Mesin pun menjadi lebih halus, bersih dan lebih bertenaga. Di masa awal penciptaannya, piranti ini sangat mahal. Tetapi semenjak perusahaan Bosch mengeluarkan K-jetronic system yang dipakai pada generasi awal mobil Golf GTI, sistem ini pun menjadi populer dan harganya semakin murah.

Baca lanjutannya: 50 Penemuan Otomotif Paling Bersejarah (Bagian 4)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar