Tips agar Baterai Handphone Tidak Mudah Ngedrop

Tidak ada komentar :
 Tips agar Baterai Handphone Tidak Mudah Ngedrop
BIBLIOTIKA - Mungkin banyak di antara kita yang terkejut karena baterai handphone kita seringkali drop hanya dalam waktu singkat. Nah, jika Anda ingin membuat baterai handphone Anda menjadi lebih awet dan tidak cepat habis, ikuti saja tips berikut ini:

Pastikan terlebih dulu baterai handphone Anda, apakah jenis lithium (Li-ion) atau jenis nickel (Nicad / NiMH). Hal ini penting, karena jenis baterai yang berbeda meminta perlakuan yang juga berbeda.

Untuk jenis lithium, Anda dapat mengisi (meng-charge) kapan saja, tak harus menunggu isi baterai sampai habis. Tetapi jika baterai handphone Anda berjenis nickel, baterai harus menunggu sampai habis, sampai handphone tak bisa dinyalakan, untuk kembali mengisi (meng-charge) baterai itu. Lakukan hal itu dengan disiplin untuk menghindari berkurangnya daya simpan energi baterai Anda.

Jangan meletakkan handphone Anda di atas medan magnet yang kuat seperti di atas lemari es, tape, speaker aktif, atau televisi. Medan magnet yang terdapat pada alat-alat itu akan merusak komponen handphone Anda.

Jangan terlalu sering memati-hidupkan handphone Anda, jika tidak penting betul dan tidak untuk waktu yang lama. Ingat, begitu handphone dinyalakan, ia akan segera mencari jaringan operator yang Anda pakai. Dan energi yang dibutuhkan untuk mencari jaringan operator ini setara dengan masa aktif baterai dua jam. Bayangkan betapa borosnya jika Anda mematikan handphone hanya untuk lima atau sepuluh menit saja.

Jika selesai mengisi atau meng-charge baterai, segeralah mencabut charger dari handphone Anda. Charger akan cepat rusak jika dipaksa terus-menerus menyalurkan energi, dan jika terlalu lama, justru baterai handphone Anda yang akan cepat rusak.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar