Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Migrain

Tidak ada komentar :
Memahami, Mecegah, dan Mengatasi Migrain

BIBLIOTIKA - Meskipun tidak ‘seterkenal’ penyakit kepala pada umumnya, namun migrain bukan berarti tidak ‘populer’. Ada cukup banyak orang yang terganggu dengan keluhan penyakit yang satu ini. Migrain adalah nyeri pada kepala yang rasanya sangat tidak nyaman atau terasa sakit sekali.

Gejala penyakit yang satu ini dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri pada satu sisi kepala, pusing dan berdenyut seperti terasa dipukul, dan ada pula yang juga disertai dengan mual dan muntah.

Sampai sekarang dunia medis belum menemukan secara pasti apa yang menyebabkan penyakit migrain ini. Diperkirakan, penyakit yang biasa dikenal dengan istilah ‘sakit kepala sebelah’ ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena konsumsi makanan yang terlalu gurih, perubahan hormon tubuh, kelelahan, atau juga karena disebabkan peradangan pada pencernaan.

Migrain dapat dicegah dengan tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Sebagaimana yang disebutkan di atas, migrain memang tidak sepopuler sakit kepala pada umumnya, namun jika Anda kebetulan ‘akrab’ dengan migrain dan sering diganggu oleh penyakit yang satu ini, gunakan saja madu untuk mengatasinya. Bahannya terdiri dari 1 sendok makan madu, 1 genggam daun lamtoro, lengkuas sepanjang 1 centimeter, dan asam Jawa secukupnya.

Cara membuatnya adalah seperti ini; daun lamtoro direbus dengan air sebanyak 1 gelas hingga mendidih. Lengkuas dimemarkan, kemudian dimasukkan ke dalam rebusan daun lamtoro tersebut, bersama asam Jawa. Tunggu sampai beberapa saat, kemudian angkat, saring dan dinginkan.

Setelah air rebusan yang telah disaring tersebut sudah mendingin, masukkanlah 1 sendok makan madu ke dalamnya. Nah, ramuan ini bisa diminum kapan saja, ketika migrain menyerang Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar