Makanan untuk Menunjang Kesehatan di Musim Hujan

Tidak ada komentar :
Makanan untuk Menunjang Kesehatan di Musim Hujan

BIBLIOTIKA - Bagi sebagian orang, musim hujan menjadi saat yang menyiksa, karena pada waktu itu mereka terserang flu dan berbagai gangguan kesehatan akibat pengaruh cuaca. Sebenarnya, yang menyebabkan munculnya masalah atau gangguan kesehatan itu bukan musim hujannya, melainkan kekebalan tubuh orang bersangkutan. Artinya, tak peduli musim hujan atau musim panas, kesehatan akan tetap terjaga jika sistem kekebalan tubuh kita terjaga dengan baik.

Jika Anda tergolong rentan dengan musim hujan, sehingga terserang masalah kesehatan ketika hujan sering turun, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan ini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Udang

Udang sangat efektif menangkal flu, karena mengandung selenium yang dapat meningkatkan produksi sitokin dalam tubuh. Sitokin adalah protein penting yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih keras menangkal penyakit. Selain itu, lendir dalam sistem pernapasan juga akan lebih mudah dikeluarkan dengan bantuan mineral selenium, sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Daging sapi tanpa lemak

Salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh adalah zat seng. Karenanya, jika kita mengalami kekurangan seng, maka sistem kekebalan tubuh kita juga akan terganggu. Mengonsumsi daging sapi dapat membantu meningkatkan asupan seng, karena daging sapi mengandung zat tersebut. Daging sapi bahkan dapat merangsang produksi sitokin khusus yang membantu mengatasi serangan bakteri dan virus.

Dada ayam

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan adalah mengonsumsi daging dada ayam tanpa kulit dan tanpa lemak. Dada ayam mengandung vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertahanan tubuh, memerangi bakteri dan virus yang mulai menginfeksi, dan menyiapkan antibodi untuk membunuh bibit penyakit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar