Makanan Sehat untuk Menjaga Kehamilan

Tidak ada komentar :
Makanan Sehat untuk Menjaga Kehamilan

BIBLIOTIKA - Jika artikel sebelumnya membahas makanan-makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil secara umum, artikel ini menjelaskan makanan-makanan yang penting dikonsumsi ibu hamil secara spesifik, agar dapat menjalani kehamilan dengan baik dan sehat. Bagaimana pun, kehamilan yang sehat ditentukan oleh kesehatan sang ibu hamil. Karenanya, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan-makanan dengan nutrisi yang baik dan tepat, agar kesehatannya terjaga selama kehamilan berlangsung.

Makanan-makanan berikut ini tidak hanya menyehatkan ibu hamil dan janin, namun juga membantu mengatasi beberapa masalah yang biasa dialami wanita yang sedang menjalani kehamilan.

Beras merah

Selain dapat membantu menurunkan kolesterol pada ibu hamil, beras merah juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik dalam membantu perkembangan janin. Selain itu, kandungan vitamin B1 dalam beras merah juga membantu mencegah beri-beri pada bayi. Karena fungsinya yang baik untuk ibu hamil dan janin, ibu hamil pun disarankan mengonsumsi beras merah, meski tidak harus setiap hari.

Telur

Tidak jarang, ibu hamil mengalami stres berkaitan dengan kehamilannya. Telur mengandung kolin, zat alami yang mampu menurunkan kadar stres pada ibu hamil. Selain itu, kolin dalam telur juga mampu membantu menyempurnakan perkembangan otak janin.

Pada waktu akan mengonsumsi telur rebus, ibu hamil disarankan untuk benar-benar memastikan telur itu telah matang sepenuhnya, untuk menghindari kemungkinan masuknya bakteri ke dalam tubuh. Selain direbus, ibu hamil juga bisa mengonsumsi telur dalam bentuk didadar.

Ikan

Ikan mengandung protein, mineral, juga omega-3, yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon atau ikan sarden. Salmon lebih baik, karena kandungan merkurinya yang dinilai lebih rendah dibanding ikan lain, semisal kakap.

Saat mengonsumsi ikan, sebaiknya perhatikan bahwa ikan tersebut telah benar-benar matang. Selain itu, hindari mengonsumsi sushi selama hamil, karena dapat memberi efek negatif pada janin.

Ubi jalar

Yang menjadikan ubi jalar memiliki warna oranye adalah karena adanya karotenoid di dalamnya. Karotenoid dapat membantu ibu hamil dalam meningkatkan asupan vitamin A. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam ubi jalar juga bisa membantu mencegah ibu hamil dari radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang sangat baik untuk ibu hamil. Kacang hijau, misalnya, adalah jenis kacang-kacangan yang sangat baik dikonsumsi karena kandungan seratnya mampu mencukupi kebutuhan serat harian ibu hamil. Kandungan lemak pada kacang hijau juga sangat aman untuk dikonsumsi ibu hamil, karena dapat menjaga tekanan darah. Selain itu, kacang hijau juga mengandung folat yang dapat mencegah terjadinya cacat pada bayi.

Alpukat

Alpukat mengandung vitamin B kompleks yang memungkinkan tercukupinya asam folat dan vitamin B9. Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang memungkinkan ibu hamil mendapat tambahan energi yang aman selama masa kehamilan.

Yoghurt

Yoghurt mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Protein dalam yoghurt membantu pertumbuhan janin. Kalsium dalam yoghurt membantu memperkuat tulang pada janin. Probiotik dalam yoghurt membantu mengontrol asupan makanan yang mengandung bahan berbahaya, sehingga meningkatkan sistem kekebalan pada usus ibu hamil. Sementara zat besi dalam yoghurt membantu menunjang proses kehamilan.

Untuk mengonsumsi yoghurt, ibu hamil disarankan memilih yoghurt yang tidak dilengkapi pewarna atau perasa, untuk meminimalkan asupan bahan kimia yang dapat memicu gangguan pada kesehatan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar