Makanan Penangkal Anemia untuk Ibu Hamil

Tidak ada komentar :
 Makanan Penangkal Anemia untuk Ibu Hamil

BIBLIOTIKA - Anemia adalah kondisi ketika terjadi penurunan jumlah sel darah merah, atau jumlah normal hemoglobin dalam darah. Anemia sering terjadi selama kehamilan. Karenanya, ibu hamil harus menjaga asupan gizi agar tidak kekurangan zat besi, folat, dan vitamin B12, yang menjadi penyebab utama terjadinya anemia selama kehamilan.

Anemia selama kehamilan dipercaya memiliki keterkaitan dengan peningkatan risiko kelahiran prematur dan rendahnya bobot bayi saat lahir. Menjaga hemoglobin dalam batas normal sangat penting, karena hemoglobin mengirim oksigen ke janin. Karena itu, ibu hamil sangat perlu memperbanyak makanan kaya vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Pisang

Mengonsumsi pisang sebagai bagian dari sarapan sangat baik untuk ibu hamil, karena kandungan zat besi dan mineral dalam pisang bisa membantu mencegah atau mengobati anemia selama kehamilan.

Kurma

Kurma dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Anda bisa menjadikan kurma sebagai camilan yang sehat selama hamil, karena mampu meningkatkan produksi darah merah.

Oatmeal

Selain mudah dicerna, oatmeal dapat memberikan mineral dan zat besi yang diperlukan tubuh. Karenanya, oatmeal bisa membantu mengatasi dan menjauhkan anemia.

Kacang-kacangan

Selama hamil, Anda bisa memilih kacang-kacangan untuk ngemil. Dibanding camilan lain yang belum tentu sehat, kacang-kacangan mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia.

Brokoli

Mengandung vitamin, zat besi, dan folat, brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang baik dikonsumsi selama hamil untuk mencegah anemia.

Daging merah

Kandungan zat besi dari sumber hewani lebih mudah diserap dibandingkan sumber zat besi dari nabati. Daging merah bisa membantu Anda mendapatkan zat besi yang cukup untuk menangkal anemia selama kehamilan.

Bayam

Sebagai sumber zat besi dan folat, bayam adalah makanan penting bagi ibu hamil, khususnya dalam menangkal dan mengobati anemia selama kehamilan.

Delima

Menikmati kesegaran delima pasti sangat menyenangkan, termasuk bagi ibu hamil. Lebih dari itu, delima mengandung zat besi tinggi yang dapat membantu menjauhkan anemia selama kehamilan.

Kismis

Jika menyukai buah-buah kering, kismis bisa dijadikan camilan sehat. Selain lezat, kismis juga membantu menjauhkan anemia selama hamil.

Telur

Bagi sebagian orang, kuning telur mungkin dianggap kurang sehat. Namun, bagi ibu hamil, kuning telur justru penting dikonsumsi. Telur mengandung banyak zat besi yang membantu menjaga hemoglobin dalam jumlah normal.

Biji-bijian

Semua jenis biji-bijian dapat membantu menjaga kadar hemoglobin tetap normal. Karenanya, mengonsumsi biji-bijian selama kehamilan juga dapat mencegah anemia.

Kerang


Kandungan zat besi dalam kerang bisa membantu mencegah anemia. Saat hamil, masukkan kerang sebagai salah satu menu harian Anda.

Madu

Sama seperti yang lain, madu juga mengandung zat besi tinggi. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, atau dicampurkan dengan makanan/minuman lain.

Jus jeruk


Tidak hanya segar, jus jeruk juga baik dikonsumsi saat hamil, karena mengandung vitamin C yang membantu dalam penyerapan zat besi. Vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar