Makanan-makanan yang Menjaga Kesehatan Ginjal

Tidak ada komentar :
 Makanan-makanan yang Menjaga Kesehatan Ginjal

BIBLIOTIKA - Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak di rongga retroperitoneal bagian atas. Ginjal kanan biasanya terletak sedikit di bawah ginjal kiri, untuk memberi tempat untuk hati.

Sebagian dari bagian atas ginjal terlindungi oleh iga kesebelas dan dua belas. Kedua ginjal dibungkus oleh dua lapisan lemak (lemak perirenal dan lemak pararenal) yang membantu meredam goncangan.

Sebagai bagian organ dalam tubuh kita, ginjal memiliki peran sangat penting dalam membantu metabolisme dan kesehatan. Merawat kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan mengongumsi makanan-makanan yang memiliki fungsi tersebut. Berikut ini beberapa makanan yang membantu menjaga kesehatan ginjal.

Bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan dan antipembekuan yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, bawang putih juga mengurangi kadar kolesterol jahat serta mengatasi peradangan dalam tubuh.

Buah beri

Buah-buahan beri, semisal stroberi, cranberry, raspberry, dan bluberi, sangat baik dalam menjaga kesehatan ginjal. Buah-buahan beri mengandung anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan serta meningkatkan fungsi kandung kemih.

Paprika merah

Paprika merah adalah makanan penting bagi ginjal. Karenanya, orang yang memiliki masalah ginjal perlu memasukkan paprika merah dalam menu makanan mereka. Orang sehat yang ingin memelihara kesehatan ginjal juga perlu mengonsumsi paprika merah untuk membantu merawat kesehatan ginjalnya. 

Paprika rendah kalium namun kaya vitamin A, vitamin C, vitamin B6, asam folat, dan serat, yang menjaga ginjal tetap sehat, serta mencegah beberapa jenis kanker.

Kecambah

Mengonsumsi kecambah bisa membantu membersihkan ginjal, dan mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal. Disarankan untuk mengonsumsi kecambah dalam keadaan mentah, karena lebih baik daripada dimasak terlebih dulu.

Kubis

Bagi orang sehat, mengonsumsi kubis bisa membantu meningkatkan fungsi ginjal. Bagi penderita masalah ginjal, kubis bisa menjadi obat alami yang membantu memperbaiki dan menyehatkan ginjal.

Buah-buahan

Buah-buahan seperti anggur, ceri, dan apel, adalah contoh makanan sehat yang sangat membantu detoksifikasi dan membersihkan ginjal. Ceri kaya vitamin dan rendah protein, karenanya ceri mampu mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, sangat disarankan untuk rutin menyantap apel setiap hari demi kesehatan yang lebih baik.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak terbaik dalam hal memelihara kesehatan jantung. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung anti-inflamasi asam lemak yang menurunkan oksidasi, dan memberi efek positif pada kesehatan ginjal.

Bawang merah

Saat dikonsumsi, bawang merah memiliki manfaat sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal. Karena fungsinya tersebut, bawang merah pun sering digunakan untuk membantu menyembuhkan batu ginjal secara alami.

Ikan

Ikan salmon, makerel, hering, dan tuna, mengandung omega-3 yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga melindungi ginjal dari penyakit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar