Makanan-makanan untuk Menyalakan Gairah Seks

Tidak ada komentar :
 Makanan-makanan untuk Menyalakan Gairah Seks

BIBLIOTIKA - Karena berbagai alasan dan penyebab, gairah seks antar pasangan dapat mengalami penurunan atau meredup. Kelelahan, stres, atau masalah emosi berkepanjangan, adalah beberapa di antara hal yang dapat menjadikan gairah turun atau meredup, sehingga pasangan tidak lagi bergairah untuk bercinta.

Jika Anda dan pasangan kebetulan mengalami hal semacam itu, ada makanan yang bisa membantu mengatasinya. Berikut ini makanan-makanan yang dapat meningkatkan atau menyalakan kembali gairah seks Anda bersama pasangan.

Bawang putih

Telah lama dikenal sebagai makanan berkhasiat, bawang putih juga memiliki manfaat dalam hal meningkatkan gairah seks. Bawang putih mengandung enzim nitricsynthase yang meningkatkan aliran darah ke organ seks Anda, sehingga gairah yang padam atau meredup kembali menyala.

Cokelat

Dalam hal gairah bercinta, cokelat telah dikenal sebagai salah satu afrodisiak, atau makanan yang dapat meningkatkan gairah seks. Dibanding tiram atau sampanye, yang sama-sama dikenal sebagai afrodisiak, penelitian menunjukkan bahwa cokelat lebih baik.

Makanan pedas

Menikmati makanan pedas menjadikan darah terpacu dan tubuh berkeringat. Hal itu akan memicu terlepasnya hormon endofin, yang meningkatkan euforia atau gairah yang tertuju pada seks. Selain makanan pedas yang dihasilkan cabai, rempah-rempah atau bumbu semacam jahe, cengkeh, dan pala, juga memberi efek yang sama.

Buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan nabati yang penuh nutrisi dan rendah lemak. Leslie Bonci, MPH, Direktur Nutrisi untuk Olahraga di University of Pittsburgh Medical Center, menyatakan, “Makanan ini (buah dan sayuran) membantu menghilangkan penyumbatan arteri, membantu mencegah penyakit jantung, serta disfungsi ereksi.”

Tomat

Shari Lieberman, Ph.D., seorang ahli nutrisi dan ahli fisiologi, menyatakan, “Studi menunjukkan bahwa kandungan likopen dalam tomat mampu menjaga kesehatan prostat.” Tidak hanya itu, likopen dalam tomat juga bisa membantu meningkatkan gairah. Likopen bisa diserap dengan baik oleh tubuh, jika tomat dimasak dengan minyak seperti dalam saus pasta, namun tidak sampai terlalu matang.

Kacang

Kacang mengandung asam amino arginin yang tinggi, dan sangat penting untuk sintesis oksida nitrat, yaitu senyawa dalam tubuh yang mempengaruhi ereksi pria.

Kwaci labu

Selain menjadi sumber mineral seng, kwaci labu juga mengandung selenium, antioksidan, dan vitamin E, yang baik untuk arteri. Hasilnya, kwaci labu membantu melancarkan darah, termasuk yang mengalir ke organ vital.

Minyak zaitun

Ada jenis lemak yang buruk, semisal lemak jenuh atau lemak trans, karena dapat mempersempit arteri. Namun, ada pula jenis lemak yang baik, yaitu lemak tak jenuh, seperti yang terdapat pada minyak zaitun, yang bisa membantu menjaga fungsi arteri dengan baik.

Gandum

Salah satu kunci untuk gairah seks yang baik adalah lancarnya peredaran darah dalam tubuh. Jika peredaran darah dalam tubuh berjalan baik, kesehatan—termasuk gairah seks—ikut terjaga. Gandum adalah makanan yang mengandung banyak vitamin E, yang baik untuk kesehatan arteri, sehingga membantu melancarkan darah.

Tiram

Tiram mengandung banyak mineral seng yang bermanfaat dalam fungsi reproduksi pria. Karenanya, tiram pun terkenal sebagai makanan yang berhubungan dengan aktivitas seksual.

Akar manis

Untuk hal ini, akar manis tidak untuk dimakan, namun untuk aroma atau bau-bauan. Penelitian di Chicago menyebutkan, bahwa bau-bauan dapat merangsang gairah seksual pada pria maupun wanita. Berdasarkan penelitian, bau yang paling merangsang adalah aroma akar manis, yang mencapai 40 persen dari pilihan responden, sementara parfum yang hanya mencapai 20 persen dari pilihan responden.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar