Makanan-makanan Pereda Wasir

Tidak ada komentar :
Makanan-makanan Pereda Wasir

BIBLIOTIKA - Karena aktivitas yang terlalu banyak duduk atau kurang bergerak, banyak orang menderita wasir atau ambeien. Wasir terjadi karena adanya pembuluh darah yang bengkak dan meradang, di dalam atau di luar bagian bawah dubur.

Wasir ditandai dengan gejala rasa nyeri di sekitar dubur pada saat dan setelah tinja keluar, rasa gatal pada dubur, dan perdarahan. Pada kondisi yang ringan, wasir bisa dibilang belum tentu bermasalah. Namun, pada kondisi yang berat, wasir bisa mengharuskan operasi.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa digunakan untuk meredakan wasir secara alami. Jika Anda kebetulan mengalami masalah dengan wasir, Anda bisa sering-sering mengonsumsi makanan ini.

Jus lobak

Jus lobak bisa menjadi obat alami untuk mengatasi wasir. Jika Anda belum terbiasa mengonsumsinya, Anda bisa mulai minum seperempat gelas jus lobak, kemudian secara bertahap ditingkatkan menjadi setengah gelas.

Kulit delima

Delima adalah buah yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda menikmati buah ini, jangan buang kulitnya, karena bagian kulit itulah yang berkhasiat dalam mengatasi masalah wasir. Rebuslah kulit delima sampai airnya mendidih, kemudian saring ampasnya. Setelah itu minum air rebusan tersebut, antara satu sampai dua kali sehari.

Jeruk nipis

Salah satu penyebab wasir adalah dehidrasi. Karenanya, jika Anda mengalami wasir, sangat disarankan untuk sering-sering minum agar kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi. Ada cara mudah untuk mencegah dehidrasi, yaitu dengan mencampur segelas air hangat dan perasan jeruk nipis. Lalu tambahkan beberapa tetes madu. Minuman sehat itu bisa diminum secara teratur dua kali sehari untuk tetap terhidrasi.

Buah ara

Buah ara mengandung serat yang sangat bagus dalam mengatasi wasir maupun sembelit. Cara menggunakannya, rendamlah buah ara kering dalam segelas air selama satu malam. Setelah itu, minum setengah air dalam gelas tersebut pada pagi dan malam hari.

Kunyit

Di antara cara alami dalam menyembuhkan wasir adalah dengan memanfaatkan rempah-rempah yang memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi. Anda bisa membuat ramuan sederhana dengan merebus kunyit, dan meminum air rebusannya setiap hari.

Pepaya

Pepaya telah terkenal sebagai buah untuk mengatasi sembelit. Kenyataannya, pepaya memang mampu meredakan sembelit serta memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, pepaya juga baik untuk mengatasi wasir.

Pisang

Tak jauh beda dengan pepaya, pisang juga sering digunakan untuk mengatasi masalah sembelit. Pisang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mengurangi sembelit, karena dapat menormalkan fungsi usus besar dalam menyerap air. Karenanya, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah wasir.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar