Apa yang Disebut Caustic Soda?

Tidak ada komentar :
 Apa yang Disebut Caustic Soda?

BIBLIOTIKA - Caustic Soda kadang juga disebut dengan istilah soda api, dan memiliki nama panjang Sodium Hydroxide (NaOH). Bentuk zat ini berwarna putih berbongkah-bongkah, memiliki bau cukup tajam, dan memiliki kadar bahaya cukup besar apabila termakan atau terkena kulit. Jika terkena kulit dapat mengakibatkan rasa panas atau kulit terkelupas.

Bahan ini bersifat basa-kuat, dan memiliki sifat panas serta mudah bereaksi dengan barang yang terbuat dari logam dan udara. Zat ini juga mudah meleleh apabila terkena air atau udara.

 Apabila menggunakan Caustic Soda dalam jumlah banyak dan perlu menyimpannya, sebaiknya gunakan tempat penyimpanan yang aman, dan usahakan agar segera menutup tempat penyimpanan sesudah membukanya, agar zat ini tidak terkena udara lembap.

Apabila Caustic Soda digunakan untuk bahan pembuatan sabun, sebaiknya diencerkan atau dilunakkan terlebih dulu, dengan cara menuangkan air panas yang mendidih. Apabila masih terlihat keras, bisa ditambahkan air panas lagi secukupnya.

Ada beberapa jenis Caustic Soda yang biasa dijual di pasaran, di antaranya:
  1. Caustic Soda Flask, yaitu jenis yang paling banyak digunakan. Berbentuk seperti sisik ikan berwarna putih bening seperti tawas.
  2. Caustic Soda Batu, berbentuk seperti gumpalan-gumpalan, biasanya sebesar kepalan tangan.
  3. Potash, berbentuk seperti kristal-kristal kecil.

Jika Anda selesai bekerja dengan Caustic Soda, segera bersihkan tangan dengan air bersih, dan upayakan untuk selalu memakai sarung tangan karet selama bekerja dengan bahan tersebut.

Selain Caustic Soda, berikut ini beberapa zat kimia lain, yang mungkin juga perlu Anda tahu.

Sodium Benzoat/Natrium Benzoat

Bahan ini bisa dibilang tidak berbahaya, berbentuk seperti tepung berwarna putih.

Karena tergolong zat yang tidak berbahaya, Sodium Benzoat/Natrium Benzoat merupakan salah satu bahan pengawet yang biasa digunakan pada pembuatan produk makanan atau minuman.

Carbocyl Mettyl Calysic Celulose (CMC)

Ini juga merupakan bahan yang tidak berbahaya, juga tidak mengandung racun. Carbocyl Mettyl Calysic Celulose (CMC) memiliki fungsi sebagai bahan pengental, dan di toko kimia biasa dikenal dengan kode CMC atau kode untuk jenis makanan, karena biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk makanan atau minuman.

Selaian digunakan sebagai bahan campuran untuk makanan atau minuman, bahan ini juga biasa dipakai untuk campuran dalam membuat sabun krim.

Bahan ini berbentuk seperti tepung berwarna putih, dan biasanya sulit larut dalam air. Apabila suatu bahan telah bercampur dengan zat ini, biasanya akan menjadi kental.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar