Apa sih IMF itu?

Tidak ada komentar :
 Apa sih IMF itu?

BIBLIOTIKA - IMF adalah singkatan International Monetery Fund, atau Dana Moneter Internasional. Yaitu lembaga keuangan internasional yang bersifat otonom, yang berdiri sebagai hasil Konferensi Bretton Woods yang berlangsung pada 1944. Tujuan utamanya adalah mengatur sistem moneter internasional yang juga merupakan hasil penting dari konferensi tersebut (meskipun kemudian berubah secara drastis).

Salah satu tugas utama IMF adalah mengawasi fluktuasi nilai tukar (exchange rates) berbagai mata uang dunia, demi menanggulangi berbagai macam masalah dan kesulitan penyeimbangan neraca pembayaran (balance of payment) dari negara-negara yang menjadi anggotanya.

Selain IMF, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia ekonomi, manajemen, dan perbankan umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Ekspor

1) Kegiatan perdagangan suatu perusahaan yang mengeluarkan barang dari wilayah untuk diperjualbelikan atau diperdagangkan di wilayah pabean negara lain;

2) Nilai semua barang dan jasa bukan faktor-faktor produksi yang dijual ke negara-negara lain, termasuk pula di antaranya barang-barang dagangan, ongkos pengapalan, asuransi, pariwisata, dan jasa-jasa non-faktor lainnya. Nilai jasa faktor produksi (seperti dana investasi yang diterima dan kiriman uang dari luar negeri) tidak termasuk dalam kategori ekspor;

3) Pengiriman barang dan jasa yang dijual oleh penduduk suatu negara kepada penduduk negara lain, untuk mendapatkan mata uang asing dari negara pembeli; eksportir perusahaan-perusahaan perdagangan, baik yang berbadan hukum termasuk BUMN, maupun perusahaan yang tidak berbadan hukum seperti usaha perorangan atau koperasi yang memiliki SIUP atau izin instansi/departemen/teknis terkait, untuk melaksanakan kegiatan perdagangan ekspor komoditas.

Entry Data

Suatu kegiatan memasukan data ke komputer, dengan menggunakan suatu sistem aplikasi yang sudah disiapkan.

EOQ

Singkatan Economic Order Quantity, yaitu kuantitas yang dibeli untuk meminimalkan biaya total persediaan.

Etos Kerja

Sikap mental yang mencerminkan kebenaran dan kesungguhan serta rasa tanggung jawab untuk meningkatkan produktivitas.

Etika Bisnis

Peraturan atau pedoman yang menjelaskan tingkah laku yang dapat diterima dalam tingkah laku bisnis atau transaksi bisnis.

European Union

Uni Eropa (UE). Yaitu sebuah federasi ekonomi atau sebuah pasaran bersama (common market) yang terbentuk berdasarkan Pakta Roma (Treaty of Rome) pada tahun 1957. Sejak Januari 1993, semua bentuk hambatan yang menghalangi kelancaran dan kebebasan arus pergerakan segenap barang, jasa, dan tenaga kerja, di antara dua belas negara anggotanya dihapuskan sepenuhnya.

Ada lima belas negara yang kini menjadi anggota Uni Eropa, yaitu Jerman, Luksemburg, Inggris, Italia, Denmark, Irlandia, Belgia, Portugal, Prancis, Belanda, Yunani, Spanyol, Swedia, Finlandia, dan Austria.

F.O.B.


Singkatan Free on Board, atau Bebas Setelah Dimuat. Yaitu cara penilaian barang yang dijual dalam perdagangan internasional, di mana biaya angkutan dan biaya asuransi dari pelabuhan muat sampai gudang pembeli ditanggung oleh pembeli.

FAO

Singkatan Food Agriculture Organization, atau Organisasi Pangan dan Pertanian Sedunia. Merupakan salah satu badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa, berkantor pusat di Roma, Italia, yang perhatian utamanya ditujukan kepada upaya-upaya untuk mengembangkan produksi pangan dunia, dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan bagi seluruh penduduk dunia dari waktu ke waktu yang semakin meningkat.

FAO meneliti berbagai metode modern untuk meningkatkan hasil panen dan mendidik para petani dalam menggunakannya. Badan ini juga senantiasa bekerja sama dengan badan-badan internasional lain seperti Dewan Pangan Dunia (World Food Council) dan Organisasi Pangan Mancanegara (Overseas Food Organization).

Fasilitas Agro Wisata

Fasilitas seputar tempat pariwisata agro. Selain fasilitas utama berupa kebun dan proses produksinya, fasilitas pengunjung juga perlu disediakan mulai pintu masuk, tempat parkir, tempat istirahat, tempat penjualan produk pertanian, hingga restoran.

Fasilitator


Orang/lembaga yang memiliki tugas dan fungsi memfasilitasi kepentingan antara orang/organisasi yang berbeda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar