Agar Handphone Tidak Mudah Rusak, Pahami Hal-hal Ini

 Agar Handphone Tidak Mudah Rusak, Pahami Hal-hal Ini

BIBLIOTIKA - Jika Anda ingin memiliki handphone yang awet dan tidak mudah rusak, maka yang paling penting diperhatian adalah bagaimana cara memakai dan merawat handphone itu.

Memang, setiap jenis handphone tentunya memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lain. Secanggih apapun sebuah handphone, pasti memiliki kelemahan tertentu. Ada produk handphone yang memiliki chasing yang kuat sehingga cocok untuk bekerja lapangan. Namun, ada pula handphone yang chasingnya lemah, sehingga komponen di dalamnya mudah rusak oleh goncangan.

Meski sifat handphone berbeda-beda, tips di bawah ini bisa memperpanjang usia handphone Anda. Tips ini berlaku untuk semua jenis handphone tanpa memandang merek dan jenisnya:

Jauhkan handphone dan aksesorisnya dari jangkauan anak-anak. Pasalnya, anak kecil bisa mempermainkan handphone Anda sehingga kemungkinan terjadi kerusakan menjadi lebih besar.

Usahakan handphone tetap kering. Kelembaban dan cairan kimia dapat menyebabkan korosi sirkuit elektronik.

Pergunakan handphone di tempat yang bersih. Karena tempat yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan kerusakan komponen yang ada di dalamnya.

Hindari menaruh handphone di tempat yang panas dan terkena sinar matahari secara langsung. Panas yang tinggi dapat merusak komponen yang terbuat dari plastik, merusak baterai serta memperpendek umur komponen elektronik.

Jangan pula menaruh handphone di tempat yang dingin. Pasalnya, ketika handphone diaktifkan, sirkuit handphone akan memuai, dan itu dapat merusak komponen tertentu.

Jika Anda tidak berpengalaman, jangan membongkar handphone. Jika nekat, mungkin bisa menyebabkan sirkuit rusak. Selain itu, garansi yang Anda pegang pun mungkin jadi tidak berlaku.

Handphone jangan sampai jatuh. Pemakaiannya pun harus berhati-hati, sebab pemakaian yang kasar akan merusak handphone.

Untuk membersihkan handphone, jangan menggunakan bahan kimia yang keras, cairan pembersih atau deterjen.

Jika handphone Anda rusak atau tidak bekerja dengan baik, bawalah ke service center handphone tersebut.

Matikan handphone Anda bila sedang berada di rumah sakit, atau dekat dengan peralatan kedokteran. Matikan juga handphone ketika berada di dalam pesawat agar tidak mengganggu kendali elektronik pesawat tersebut.