Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sakit Gigi

Tidak ada komentar :
Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sakit Gigi

BIBLIOTIKA - Saat sakit gigi, masalah yang paling merisaukan sering kali saat akan menyantap makanan. Jika tidak makan, perut akan kelaparan dan tubuh akan kehilangan energi. Sementara aktivitas makan bisa sangat menyakitkan, karena makanan yang dimasukkan ke dalam mulut bisa membuat gigi terasa makin sakit.

Ketika mengalami sakit gigi, kita memang disarankan untuk menjauhi makanan-makanan yang mengandung biji-bijian dan serat, atau makanan-makanan yang sulit dikunyah. Tujuannya tentu agar tidak semakin menambah sakit gigi yang sedang dialami. Namun bukan berarti kita tidak bisa makan sama sekali. Ketika sakit gigi datang, Anda bisa memilih makanan-makanan berikut ini sebagai asupan nutrisi. Selain sehat, makanan lunak berikut ini tidak akan terlalu menyakiti gigi.

Sup

Sup ayam atau sup jagung cukup lembut untuk dikunyah dalam mulut. Anda juga bisa mencampurkan telur ke dalam sup, untuk menambah kandungan nutrisinya.

Kentang

Kentang kaya zat besi dan zinc yang membantu meringankan rasa sakit. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merebus kentang, kemudian tumbuk, dan tambahkan sedikit bumbu agar rasanya enak.

Telur

Telur adalah makanan alami yang baik untuk tubuh. Digoreng atau direbus, telur memiliki bentuk yang lunak, sehingga tidak sampai membuat gigi makin terasa sakit.

Oatmeal

Oatmeal bisa membantu mengatasi sakit gigi. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menambahkan pisang tumbuk ke dalam oatmeal untuk mendapatkan rasa manis.

Yoghurt

Saat sakit gigi menyerang, yoghurt bisa dipilih sebagai makanan untuk dikonsumsi. Selain menyehatkan, yoghurt juga dapat membantu mengatasi sakit gigi, serta mengatasi rasa nyeri.

Jeli

Jeli memiliki aneka rasa yang bisa dipilih. Selain enak, jeli juga mudah dikunyah. Anda bisa mencampurkan buah, jika ingin mendapatkan tambahan vitamin.

Jus sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin yang tidak hanya dibutuhkan tubuh, namun juga bisa membantu saat sakit gigi. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dijus, sehingga lebih mudah ditelan tanpa harus mengunyah.

Es krim

Dokter gigi biasanya akan menyarankan agar mengonsumsi es krim untuk menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Dinginnya es krim membuat mati rasa, dan es krim juga mengandung kalsium yang baik untuk gigi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar