Apa yang Disebut Partition?

Tidak ada komentar :
Apa yang Disebut Partition?

BIBLIOTIKA - Partition adalah membagi memori atau storage massa menjadi bagian-bagian yang terisolasi. Pada sistem DOS, pengguna dapat melakukan partisi sebuah disket, dan tiap bagiannya akan berfungsi seperti sebuah disk drive yang terpisah. Partition atau partisi berguna apabila pengguna menjalankan lebih dari satu sistem operasi. Misalnya pengguna dapat membagi memori menjadi dua bagian, satu bagian untuk menjalankan Windows, dan satu bagian lagi untuk menjalankan UNIX.

Selain Partition, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Rangka Mekanik

Sistem tuas pengungkit yang akan membuka lapisan jendela proteksi pada disket, sehingga lempengan yang ada dalam cangkang atau selimut luar disket dapat dikenali oleh head baca/tulis.

Rapid Execution Engine

Bagian dari mikro arsitektur NetBurst prosesor Intel Pentium 4. Dua Arithmetic Logic Units (ALUs) di-clock pada kelipatan dua kali frekuensi prosesor, maka akan memungkinkan intruksi integer sederhana seperti penjumlahan, perkalian, logika AND, dan logika OR untuk dieksekusi dalam separuh clock cycle. Contohnya, Rapid Execution Engine pada prosesor Intel Pentium 4 1,5 GHz berjalan pada kecepatan 3 GHz.

Rate

Biasanya digunakan untuk menyingkat istilah sampling rate atau sample rate, yaitu tingkatan gelombang analog yang didigitalkan (captured) dan diukur dalam satuan Hz.

Rate Card

Informasi harga dari berbagai pilihan iklan.

Raw

Gambar raw pada dasarnya adalah data yang langsung datang dari sensor CCD di kamera. File raw berisi informasi teks mengenai gambar. Untuk mengolah file raw pada standar image editing atau image viewer, file raw harus dikonversi terlebih dulu ke dalam bentuk RGB, seperti TIFF atau JPEG.

RDRAM

Sebuah teknologi chip dinamis dari Rambus, Inc., RDRAM digunakan untuk mendukung prosesor Pentium 4. Produk ini memiliki lisensi khusus untuk teknologi semikonduktor yang memproduksi chip. Pada tahun 1995 diperkenalkan chip dasar dengan kecepatan 600 Mbytes/sec. Pada 1997, Concurrent RDRAM mengalami peningkatan kecepatan hingga 700 MBps, dan pada tahun 1998 Direct RDRAM mencapai kecepatan 1,6 GBps.

Concurrent RDRAMs banyak digunakan pada video game, sedangkan Direct RDRAM biasanya dipakai pada komputer. RDRAM digunakan pada motherboard yang menggunakan chipset Intel 850 yang mengimplementasikan dual RDRAM memory channel, dan memiliki bandwith memori 3,2 GB per detik. Chipset Intel lainnya menggunakan memori tipe SDRAM.

Readyboost


Teknologi disk caching yang hanya ada di Windows Vista, yang bertujuan agar komputer berjalan dengan lebih responsif dalam menggunakan flash memory untuk meningkatkan performa sistem. Readyboost juga digunakan untuk memfasilitasi ReadyBoot, yaitu versi update dan Windows Prefetch yang ada di XP.

Real Time

Operasi real-time adalah lingkungan di mana aktivitas mesin sesuai dengan persepsi manusia mengenai waktu, atau di mana operasi komputer berjalan dengan kecepatan sama, dengan proses fisik atau eksternal.

Receiver

Penerima sinyal.

Reciprocal Link


Atau biasa disebut Link Exchange atau Link Love, yaitu aktivitas saling memberi link antara blog yang satu dengan blog yang lain. Pertukaran link secara langsung menuju dan dari suatu situs.

Recovery CD

Recovery CD mempunyai fungsi untuk mengembalikan isi harddisk seperti pada awalnya PC (Personal Computer) dijual, alias kembali ke standar dari produsennya.

Rectangle Ad

Tujuh format unit iklan marketing interaktif baru yang diperkenalkan oleh Interactive Advertising Bureau (Biro Periklanan Interaktif) yang didesain untuk memudahkan para marketer agar semakin interaktif dan kreatif. Ukurannya bisa kotak berukuran besar (336 x 280), kotak ukuran menengah (300 x 250), kotak vertikal (240 x 400), kotak (180 x 150), dan bujur sangkar pop-up (250 x 250).

Red-eye

Efek dalam foto akibat pantulan sinar yang memantul pada mata objek.

Referrer

URL atau alamat situs asal dari pengunjung.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar