Apa Perbedaan Hacker dan Cracker?

Tidak ada komentar :
Apa Perbedaan Hacker dan Cracker?

BIBLIOTIKA - Hacker adalah istilah yang ditujukan untuk seorang programmer yang membuat pemrograman dengan bahasa pemrograman. Walaupun istilah ini dapat merujuk pada setiap programmer, namun hacker umumnya lebih bertendensi kepada seseorang yang berusaha menembus jaringan keamanan komputer. Hacker sejati mempunyai etika tersendiri dalam menjalankan aksinya, dan tidak bermaksud buruk atau jahat seperti cracker.

Sedangkan Cracker adalah istilah yang ditujukan untuk orang yang melakukan penyusupan, pendobrakan, atau melakukan pelanggaran-pelanggaran terhadap integritas dari suatu sistem yang ada di remote mesin. Cracker biasanya melakukan pengambilalihan akses secara ilegal, mengambil dan menghancurkan data, atau hal-hal lain yang akan mengakibatkan kerugian pada para korbannya. Cracker biasanya diidentifikasi dari kegiatan mereka yang ilegal.

Selain Hacker dan Cracker, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Catalog

Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

Catanet

Bentuk jaringan komputer yang seluruh host-nya terhubung ke jaringan lain yang memiliki perbedaan karakter. Masing-masing jaringan akan dihubungkan dengan gateway ataupun router sehingga dapat saling berkomunikasi.

CATV

Singkatan dari Community Antenna Television. Istilah ini lebih diartikan sebagai penggunaan kabel dalam siaran TV, dan menjelaskan fungsi pendistribusian atas serangkaian kanal atau program acara TV yang dirancang untuk para peminat dalam jumlah terbatas, dan bukan untuk masyarakat umum.

CC

Singkatan dari Carbon Copy, yaitu alamat yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat utama yang dituju.

CCA

Singkatan dari Compatible Communication Architecture, yaitu protokol yang digunakan untuk mentransfer data asynchronous melalui jaringan X-25.

CCB

Singkatan dari Command Control Block, yaitu suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM. CCB dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh Direct Interface.

CCD

Singkatan dari Charge Coupled Device, yaitu sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi array kapasitor yang berhubungan atau berpasangan. Di bawah kendali sirkuit luar, setiap kapasitor dapat menyalurkan muatan listrik ke bagian lainnya. CCD digunakan dalam fotografi digital, optikal, dan spektroskopi, serta yang lainnya.

CCIT

Singkatan dari Comite Consultatif Internationale de Telegraphique et Telephonique, yaitu sebuah organisasi tingkat dunia yang bertugas menentukan standar-standar di bidang komunikasi.

CCIT Recommendations

Rekomendasi yang diberikan oleh CCIT untuk penggunaan alat-alat pendukung komunikasi, misalnya jenis protokol komunikasi, metode modulasi modem, dan lain-lain.

CD (Carrier Detect)

Status atau keadaan modem ketika sedang terhubung dengan modem lain.

CD (Compact Disc)

Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, dan didesain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.

CD Burning

Aktivitas perekaman data ke CD.

CDDB

Singkatan dari Compact Disk Database, yaitu sebuah tool online untuk mengambil informasi mengenai CD Audio. Cara kerjanya adalah dengan membaca nomor seri yang ada pada CD, dan kemudian mengirim berbagai informasi detail mengenai CD tersebut.

CDDL

Singkatan dari Common Development and Distibution License, yaitu lisensi open source yang diterbitkan oleh Sun Microsystem berdasarkan Mozilla Public License versi 1.1, dan disetujui pada Januari 2005.

CD Drive

Biasa pula disebut Drive CD, yaitu drive yang digunakan untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory), MO (Magneto-Optical), dan WORM (Write Once Read Many).

CDI

Singkatan dari Cooper Distribute data Interface, yaitu model lain dari standar FDDI yang sengaja dirancang untuk kabel twisted pair.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar