Apa yang Disebut Saturasi?

 Apa yang Disebut Saturasi

BIBLIOTIKA - Saturasi (Saturation) adalah derajat intensitas warna dalam sebuah gambar. Semakin tinggi nilai saturation, semakin jelas pula warna yang dimaksud. Sebaliknya, semakin rendah nilai saturation, semakin memudar warna yang dimaksud, karena bercampur dengan warna putih.

Selain Saturasi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Head Cleaning Device

Alat atau bahan yang digunakan untuk membersihkan piranti read/write head.

Head Crash

Tabrakan antara read/write head ketika data sedang dibaca atau dituliskan oleh sebuah piranti penyimpanan langsung.

Header

Bagian teratas dari sebuah e-mail, yang berisi informasi tentang e-mail tersebut, semisal alamat tujuan, tanggal pengiriman, subjek, dan lain-lain. Header biasanya juga digunakan untuk menunjuk bagian teratas dari sebuah halaman web.

Headset


Perangkat pendengar tambahan.

Head Slot

Lubang pada disket untuk tempat read/write head membaca atau menuliskan data.

Head Switching

Mengaktifkan read/write head ketika data tengah dibaca atau dituliskan oleh piranti penyimpanan langsung.

Header

Bagian pertama sebuah pesan yang berisi semua keterangan yang diperlukan untuk menyalurkan pesan tersebut ke tujuannya. Header juga bisa diartikan sebagai garis tepi atas sebuah halaman, dan sebagainya.

Header Record

Record yang berisi informasi umum, atau informasi penciri kumpulan record berikutnya.

Heading

Digunakan untuk menyediakan informasi hirarki tentang informasi lain. Heading dapat menekankan atau memberitahu orang tentang dimana letak sebuah informasi. Misalnya, judul atau sub judul terletak di bagian atas atau di awal paragraf.

Headline Font

Jenis huruf atau karakter yang telah dirancang khusus untuk digunakan dalam headline.

Heap

Kumpulan lokasi penyimpanan data yang bisa dipinjam oleh sebuah program untuk melakukan komputasi, kemudian dikembalikan. Heap juga merupakan istilah untuk diagram pohon biner lengkap, yang titik-titik potongnya berisi kunci-kunci pencari yang tersusun dalam deret menurun.

Height

Ketinggian font, biasanya dinyatakan dalam point.

Helical Wave Guide

Tabung metal yang berisi serat-serat kaca dan kawat halus, yang mampu mentransmisikan ribuan pesan melalui saluran komunikasi.

Help

Fungsi siap pakai yang tersedia di program-program atau sistem yang memberikan informasi tambahan kepada pengguna tentang bagaimana program atau sistem tersebut bekerja. Help juga merupakan istilah untuk referensi yang ditampilkan di layar monitor, yang menyediakan bantuan tentang program yang sedang berjalan.

Help Balloon

Bantuan yang tersedia untuk pengguna mengenai program aplikasi dan sistem operasi yang tengah digunakan, yang memberikan kotak informasi pada sebuah objek yang diinginkan di layar monitor. Kotak atau balon tersebut berisi informasi tentang bagaimana mengggunakan objek dimaksud.

Hertz

Atau biasa disingkat Hz, adalah satuan untuk frekuensi. Satu Hertz berarti satu sinyal dengan satu putaran per detik.

Hewlett-Packard

Lengkapnya adalah Hewlett-Packard Company, dan biasa disingkat dengan HP saja. Yaitu salah satu perusahaan pembuat peralatan komputer, yang didirikan oleh W. Hewlett dan Davis Packard di California. Perusahaan ini membuat komputer, workstation, dan berbagai jenis printer.

Hexadecimal

Sistem bilangan. Angka-angka satuan yang lebih besar dari 9 direpresentasikan dengan huruf, dari A sampai F. Hexadecimal merupakan dasar untuk perancangan program-program berbasis bahasa mesin.

Hex Editor

Program editing teks yang berfungsi untuk mengedit program dengan dasar bahasa hexadecimal.

Hidden File

File tersembunyi di dalam harddisk, biasanya merupakan file system, dan tidak terlihat di daftar direktori. File yang masih tersembunyi atau hidden file biasanya tidak bisa dihapus maupun dikopi.

Hidden Folder

Folder-folder yang tidak tampak di layar monitor ketika pengguna mengakses Windows Explorer, meskipun sebenarnya folder tersebut ada. Tujuan dilakukannya hidden folder adalah agar file-file sistem yang penting tidak dieksekusi secara sembarangan. Meski begitu, hidden folder dapat diatur penampakannya (agar tidak tersembunyi lagi).

Hidden Links

Menambahkan links dari home page atau site map ke doorway atau hallway pages, sehingga search engine dapat bergerak dan mengindeksnya, sambil menjaga links tersebut agar tetap tidak terlihat oleh si pengunjung.