Apa yang Disebut Resolusi di Dunia Komputer?

Tidak ada komentar :
 Apa yang Disebut Resolusi di Dunia Komputer?

BIBLIOTIKA - Resolusi (Resolution) adalah ukuran atau tingkat ketajaman gambar yang ditentukan oleh banyaknya detail gambar pada monitor atau hasil cetak. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus pula hasilnya.

Resolusi 1024 x 768 piksel pada monitor tentunya lebih bagus dibanding resolusi 800 x 600 piksel. Pada hasil cetak, resolusi diukur dengan dpi. Resolusi 1200 dpi lebih bagus dibanding 600 dpi atau yang lebih rendah. Sedang untuk kamera digital, resolusi berarti sejumlah piksel yang mampu ditampilkan.

Selain resolusi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Gwenview

Sebuah program image viewer populer untuk desktop KDE. Program ini menawarkan banyak fitur, mulai dari sekadar menampilkan, sampai melakukan manipulasi sederhana. Gwenview juga mudah digunakan.

Gzip

Singkatan dari GNU Zip, yaitu salah satu format kompresi yang sangat populer. Pada sistem Linux dan UNIX, format gzip dibuat dengan menggunakan program zip. Algoritma yang digunakan untuk format kompresi ini adalah algoritma DEFLATE, yang merupakan kombinasi LZ77 dan Huffman. Gzip biasanya digunakan hanya untuk mengompres satu file saja, dan ekstensi nama file yang digunakan adalah .gz.

Gzipped-tar

Arsip tar yang dikompres dengan gzip. Disebut pula sebagai compressed tarball. Karena tar tidak memiliki fasilitas untuk mengompres, sementara gzip umumnya digunakan untuk mengompres satu file saja, maka apabila akan mengompres banyak file sekaligus dapat menggunakan gzipped-tar. Ekstensi nama file yang digunakan biasanya adalah .tar, atau .tgz.

Hacking

Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut akses ilegal oleh pengguna yang tak berwenang ke suatu sistem komputer. Akses yang dilakukan secara tidak sah ke dalam data atau informasi, yang biasanya muncul dalam bentuk gangguan langsung pada komputer, website, atau web server.

Half Adder

Sirkuit komputer yang mampu melakukan penjumlahan dua bit biner.

Half Duplex

Sifat saluran komunikasi yang bisa menyalurkan pesan dalam dua arah, tetapi tidak secara bersamaan (searah pada satu saat).

Half-duplex Protocol

Protokol komunikasi dimana hanya satu pihak yang bisa mengirim data pada suatu saat.

Halftone

Hasil cetakan sebuah gambar atau foto yang terbentuk dari rangkaian titik-titik kecil yang tampak seperti gradasi warna.

Halftone Cell

Sel yang dibuat pada sebuah printer laser dengan menyatukan titik-titik pada printer. Semakin besar jumlah titiknya, semakin besar pula sel yang ditampilkan.

Halftone Image

Suatu citra yang direproduksi melalui sebuah layar khusus dengan tampilan titik yang terdiri atas berbagai ukuran untuk mensimulasikan berbagai warna abu-abu dalam foto. Teknologi Halftone merupakan teknologi yang dipakai untuk mereproduksi citra dalam koran/tabloid/majalah.

Half-toning

Proses ketika printer mencampur tinta atau toner dari delapan warna utama (cyan, magenta, yellow, black, red, green, blue, dan warna kosong) untuk menciptakan 16,7 juta warna.

Halfword

Deretan bit, byte, atau karakter, yang saling bersinggungan sehingga membentuk setengah kata komputer yang bisa dianggap sebagai suatu unit.

Halting Problem

Problem yang tidak bisa dibuatkan algoritmanya.

Halt Instruction

Perintah mesin yang menghentikan operasi program.

Handheld

Piranti digital yang berukuran saku dan kompatibel dengan PC.

Handle

Istilah pemrograman yang berarti sebuah variabel yang berisi alamat variabel yang lain.

Handler

Program yang berfungsi mengendalikan input, output, piranti penyimpanan, file, atau fasilitas untuk melakukan interupsi tertentu.

Handshake

Proses negosiasi (saling keterhubungan) antara dua buah modem.

Handshaking

Suatu cara pengontrolan aliran data antara dua perangkat lunak menggunakan sinyal RS232, dan handshaking perangkat keras pada umumnya menggunakan karakter control Xon dan Xoff. Handshaking juga bisa diartikan sebagai prosedur dan standar yang digunakan untuk melakukan komunikasi antara dua komputer atau antara sebuah komputer dengan peralatan periferalnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar