Apa yang Disebut Ethernet?

Tidak ada komentar :
 Apa yang Disebut Ethernet?

BIBLIOTIKA - Ethernet adalah protokol LAN (Local Area Network) yang dikembangkan oleh perusahaan Xerox Corporation bersama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Protokol ini menjadi salah satu standar LAN. Ethernet menyatukan berbagai node yang berbeda di dalam jaringan, dengan dihubungkan oleh Coaxial Cable. Cable tersebut bisa tipis (mampu menghubungkan 2 node pada jarak 1000 kaki atau lebih), dan dapat juga tebal (dipakai untuk jarak di atas 3000 feet).

Ethernet memiliki standar untuk melakukan transmisi data sebanyak 10 megabit per detik. Merupakan standar topologi dan protokol jaringan yang khusus dimanfaatkan pada LAN, dan paling banyak diimplementasikan. Ethernet juga merupakan standarisasi teknologi networking yang populer dan berlaku secara internasional, meliputi hardware dan software, yang memungkinkan komputer-komputer berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Selain Ethernet, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Ethernet Cable

Semua kabel media untuk jaringan ethernet. Contoh Ethernet Cable adalah kabel jenis 10base5, UTP/STP.

Ethernet Meltdown

Peristiwa yang menimbulkan kejenuhan di ethernet, disebabkan oleh masuknya paket-paket data tak resmi. Peristiwa ini hanya berlangsung dalam waktu singkat.

Event

Keadaan yang diakibatkan oleh perubahan kondisi suatu item. Dalam pemrograman, setiap event dapat ditulisi kode untuk mengerjakan beberapa perintah. Event juga merupakan fungsi yang akan dijalankan oleh tombol perintah (command button). Pada saat tombol ditekan, komputer akan melaksanakan event yang ada dalam command button.

Exception Report

Teknik pembuatan laporan yang hanya menampilkan item-item di luar kebiasaan, dengan tujuan memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien daripada bentuk laporan yang menampilkan semua item secara periodik.

Exchange Server

Suatu aplikasi kolaboratif untuk aktivitas messaging yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Exchange Server merupakan bagian dari jajaran Microsoft Server dan banyak digunakan oleh perusahaan yang menggunakan infrastruktur dari Microsoft. Fitur utama yang ditawarkan Microsoft Exchange Server antara lain adalah e-mail, kalender, daftar task, daftar kontak, dan dukungan terhadap perangkat mobile serta berbasis web.

Exclusion

Suatu kondisi atau aktivitas yang menyebabkan suatu program mengabaikan sebuah file partikular dalam proses aplikasinya. Misalnya, apabila pada saat menjalankan program antivirus dan ingin mengabaikan program DOS Format, ketika program tersebut memformat sebuah media penyimpan (misalnya disket atau flash disk).

Exclusive OR

Salah satu operasi logika komputer yang membandingkan 2 word bit demi bit. Apabila kedua bit mempunyai nilai yang sama, nilai yang dihasilkan adalah ‘0’. Sebaliknya, jika keduanya berbeda nilai maka yang dihasilkan adalah ‘1’.

Exclusive OR Gate

Sirkuit elektronik yang nilai keluarannya adalah ‘1’ jika dua masukan berbeda, dan bernilai ‘0’ bila semua masukannya sama. Sering disebut juga sebagai half adder.

EXE

Singkatan dari Executable file, yaitu suatu program yang dapat dijalankan pada program DOS, Windows, OS/2.

Execute

Intruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.

Execution Control Program

Program yang disediakan oleh pabrik pembuat komputer sehingga komputer dapat mengendalikan software lain.

Execution Cycle


Satu putaran pelaksanaan sebuah instruksi bahasa mesin oleh CPU.

Execution Error Detection

Pelacakan kesalahan pada waktu berlangsungnya proses eksekusi.

Execution Time

Waktu selama berlangsungnya perintah eksekusi.

Executive

Program yang membantu untuk mengelola operasi suatu sistem komputer.

Executive Instruction


Petunjuk atau cara mengoperasikan program komputer yang dirancang secara khusus.

Executive System Utilities

Sekumpulan program yang bermanfaat, seperti program diagnostik dan sebagainya. Program ini membantu manajer menangani pekerjaannya secara efisien.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar