Apa yang Disebut Enkripsi?

Tidak ada komentar :
  Apa yang Disebut Enkripsi?

BIBLIOTIKA - Enkripsi (Encryption) adalah sistem pengacak untuk melindungi informasi sensitif atau rahasia, agar tidak bisa dibaca orang lain, selain orang yang berhak. Informasi yang telah diacak tersebut hanya dapat dibaca oleh orang yang memiliki password yang tepat. Encryption juga bisa diartikan sebagai penerjemahan data menjadi kode rahasia.

Enkripsi adalah cara yang paling efektif untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.

Selain Enkripsi, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Coprocessor

Chip mikroprosesor yang secara khusus berfungsi membantu CPU dalam menyelesaikan pengolahan data yang memakan waktu lama.

Copy

Perintah untuk menyalin objek, misalnya gambar, teks atau file, ke dalam media penyimpan lain.

Copy Con

Perintah untuk membentuk sebuah file baru dalam lingkungan DOS.

Copy Protection

Pengamanan terhadap isi disk agar tidak dapat disalin (di-copy).

Core

Di dunia komputer, core merujuk pada sirkuit elektronik yang membangun dan berada di dalam sebuah CPU (prosesor).

Core Clock

Suatu nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya, semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin besar atau semakin tinggi pula kinerjanya. Nilai frekuensi tersebut dinyatakan dalam satuan Hz atau Hertz, dan bisa pula ditambahkan cakupan nilai seperti Mega (jutaan), Giga (milyaran), dan lain-lain.

Core Gateway

Sekumpulan gateway yang dikendalikan oleh pusat operasi jaringan internet di Bolt Beranek and Newman (BBN).

Corel

Perusahaan pembuat software aplikasi grafis, seperti CorelDRAW.

Core Storage

Suatu bentuk media penyimpan magnetik yang terdiri dari inti-inti magnetik.

COS

Singkatan dari Corporation for Open System, yaitu sebuah kelompok pengguna dan vendor yang melakukan serangkaian pengujian kelayakan, pemberian sertifikat, serta mengenalkan produk-produk OSI.

COSINE

Singkatan dari Cooperation for Open System Interconnection Networking in Europe, yaitu program penggalakan penggunaan OSI bagi semua jaringan penelitian di seluruh negara di Eropa, diprakarsai oleh European Commision.

Counter

Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.

CPI

Singkatan dari Character per Inch, yaitu satuan untuk mengukur kerapatan huruf dalam suatu naskah, diukur dari banyaknya karakter per satu inci. Pada teks normal terdapat 10 karakter per inci.

CPS

Singkatan dari Character per Second, yaitu satuan untuk mengukur kecepatan pengiriman data dalam sistem komputer. CPS dapat dijadikan sebagai satuan pengukur kecepatan printer.

CPU

Singkatan dari Central Processing Unit. CPU  merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. CPU merupakan pusat pengolahan masukan, sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dan sebagainya.

Crack Number

Nomor-nomor account bank, atau tabungan, atau password, untuk membuka sesuatu, yang diperoleh seorang cracker dari aktivitasnya membobol suatu web di internet.

Crash 

Istilah untuk menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya masalah dan harus di-boot ulang.

Crawler

Disebut pula dengan istilah Spider atau Bot, yaitu suatu program yang mengunjungi dan membaca webpage untuk membuat catatan dalam indeks search engine.

CRC

Singkatan dari Cyclic Redundancy Check, yaitu sebuah sistem error-checking yang dipergunakan dalam proses transmisi, yang berfungsi untuk mendeteksi apabila data yang diterima mengalami perubahan. Sebuah angka dikalkulasi berdasarkan data asli atau original, proses transmisi, dan data akhir yang diterima. Apabila kalkulasi itu berbeda, maka artinya telah terjadi perubahan data.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar