Apa yang Disebut Access Time?

Tidak ada komentar :
  Apa yang Disebut Access Time?

BIBLIOTIKA - Di dunia komputer/internet, kita sering mendengar istilah “access time”. Sebagian orang mungkin masih bingung, apa sih yang dimaksud dengan istilah tersebut? Berikut ini adalah penjelasan mengenai makna atau definisi access time, serta beberapa istilah lain seputar komputer dan internet.

Access Time

Waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengakses data yang diperlukan, dari keadaan idle atau diam hingga mendapatkan data tersebut, dari memori atau ke memori. Access Time juga istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses pada media penyimpanan maupun memori. Access time pada harddisk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memori menggunakan satuan nanodetik. Makin kecil angka access time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi.

Abend

Singkatan dari Abnormal End, yaitu penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal, diakibatkan karena terjadinya kesalahan input data oleh pengguna atau karena crash program.

ABI

Singkatan dari Application Binary Interface, yaitu pemaparan atas spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.

AbiWord

Suatu aplikasi GNOME Office yang ditujukan untuk mengolah kata (word processing). AbiWord termasuk salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU/GPL (General Public License), karena bisa digunakan secara bebas, termasuk melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

Abort

Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa, dan mengembalikan ke sistem operasi.

Access

Kegiatan mengambil atau menyimpan suatu data dari atau ke memori, atau ke disk drive.

Accessibillity

Cara mengeset tombol, suara, atau tampilan dan lain sebagainya, pada sistem operasi Windows.

Access Method

Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data, antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.

Accessories

Pada sistem operasi Windows, Accessories merupakan program-program yang bersifat tambahan, seperti Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dan semacamnya.

Access Point

Suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat-alat lainnya untuk berkomunikasi melalui jaringan yang menggunakan kabel. Access point juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan yang tidak menggunakan kabel. Fungsinya sama seperti router pada jaringan berkabel.

Access Privileges

Hak untuk membuka dan mengubah direktori dan isi dari suatu server. Dengan access privileges, seorang pengguna dapat mengontrol akses kepada informasi yang bersifat konfidensial yang tersimpan di dalam direktori server.

Access Provider

Sebuah perusahaan yang menyediakan suatu sistem komputer yang menghubungkan komputer pengguna dengan internet.

Account

Relasi yang terbentuk antara pemakai dan komputer, jaringan, atau servis informasi. User account terdiri dari nama atau identitas pemakai, dan password.

Accoustic Coupler

Suatu alat sejenis modem sederhana yang berfungsi untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon.

Accumulator

Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer yang berfungsi untuk menyimpan hasil perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.

ACK

Singkatan dari Acknowledgement. Sebagian besar protokol data transfer mengirimkan sebuah acknowledgement message, yang menjadi indikasi bahwa sebuah data yang dikirim telah diterima dengan baik. Apabila yang diterima oleh pengirim adalah NAK (negative acknowledgement), maka berarti data yang dikirimkan tersebut belum sampai, dan data yang dikirimkan selanjutnya/berikutnya tidak akan ditransfer sebelum ada ACK. ACK adalah pesan dari mesin ke mesin, dan tidak terlihat oleh pengguna komputer.

Acknowledge

Sebuah tanda dari terminal penerima yang menyatakan bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata acknowledgement.

ACL

Singkatan dari Access Control Unit, yaitu metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif, dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses dan mana yang tidak oleh suatu host tertentu.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar