Apa Perbedaan DVD dan DVD-R?

Tidak ada komentar :
 Apa Perbedaan DVD dan DVD-R?

BIBLIOTIKA - DVD adalah singkatan Digital Versatile Disk, yaitu tipe CD yang dapat menyimpan data digital dalam skala besar, termasuk format film dengan kualitas suara dan gambar yang lebih bagus.

Sedangkan DVD-R adalah singkatan DVD Recordable, yaitu keping DVD yang bisa digunakan untuk merekam data satu kali, dan kemudian rekaman tersebut akan permanen di dalamnya.

Selain DVD dan DVD-R, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

DVD-ROM

Singkatan dari Digital Versatile Disk-Read Only Memory, yaitu jenis media penyimpanan dengan bentuk fisik mirip CD-ROM, namun memiliki kapasitas yang jauh lebih tinggi, serta kemampuan untuk menyimpan pada kedua sisinya. DVD-ROM biasanya digunakan untuk menyimpan file-file mutimedia berukuran besar.

DVD-ROM Drive

Drive yang digunakan untuk memutar cakram atau disc DVD.

DSL

Singkatan dari Digital Subscriber Lines, yaitu metode untuk memindahkan data melalui line telepon biasa. Sirkuit DSL umumnya lebih cepat daripada sambungan telepon biasa, tetapi kabel sambungan yang dipakainya sama dengan kabel sambungan pada telepon biasa.

Kecepatan DSL tergantung dari jarak antara pelanggan dan kantor pusat layanan telekomunikasi. DSL terbagi menjadi dua jenis, yaitu Asymmetric DSL (ADSL) yang digunakan untuk sambungan internet, dan Symmetric DSL (SDSL) yang digunakan untuk koneksi short haul, yang membutuhkan kecepatan tinggi dari kedua belah pihak.

DSLR

Singkatan dari Digital Single-Lens Reflex, atau DigitalSLR, yaitu kamera digital yang bekerja pada mekanisme optikal dan mekanikal, yang sama seperti kamera film 35mm reflek lensa tunggal. Kamera DSLR memiliki banyak keunggulan daripada kamera kompak digital, seperti format RAW, pemilihan pemotretan manual yang lebih luas, dan lain-lain.

DSM

Singkatan dari Disk Space Management, yaitu metode penataan ruang dalam disk. Ada dua metode penataan ruang disk untuk menyimpan sejumlah bit data, yaitu dengan mengalokasikan bit-bit tersebut secara berurutan, atau dengan membaginya ke dalam sejumlah blok yang berdampingan.

DSR

Singkatan dari Data Set Ready, yaitu sinyal yang menyatakan bahwa modem dalam keadaan terhubung dan siap melakukan tugasnya.

DSS

Singkatan dari Digital Satellite System, yaitu jenis dial-up connection yang menggunakan satelit untuk men-download informasi dari internet. Koneksi ini cepat, tetapi hanya bersifat satu arah. Karenanya harus menentukan dial-up connection lewat saluran telepon untuk memulai terhubung dengan internet.

D-Sub

Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.

DTE

Singkatan dari Data Terminal Equipment, yaitu istilah yang mengacu pada komputer yang digunakan dengan sebuah modem, atau komputer yang bertindak sebagai simpul dalam jaringan. DTE merupakan tempat keluar-masuknya informasi bagi pengguna maupun komputer.

DTP

Singkatan dari Desktop Publishing, yaitu software yang digunakan untuk membuat dan mengatur format pada pencetakan majalah dan buku secara mudah. Contoh software DTP adalah Ventura dan Pagemaker.

DTR

Singkatan dari Data Terminal Ready, yaitu sinyal yang menyatakan bahwa terminal komputer dalam keadaan terhubung dan siap melakukan tugasnya.

DTS

Singkatan dari Digital Theatre Systems, yaitu suatu format surround digital multi kanal milik DTS, Inc. yang digunakan di dalam aplikasi konsumer maupun komersial/teatrikal, seperti fotmat audio yang ada di bioskop maupun DVD.

DUA

Singkatan dari Directory User Agent, yaitu program yang memudahkan pengguna mengirimkan intruksi ke suatu direktori server.

Dual-Boot System

Sebuah PC yang punya dua sistem operasi, sehingga penggunanya setiap kali bisa memilih ketika akan bekerja.

Dual Cable Broadband

Konfigurasi jaringan broadband dengan penghubung antar peralatan yang terdiri dari dua kabel, yaitu kabel pengirim dan kabel penerima.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar