Apa Pengertian dan Arti Singkatan LCD?

Tidak ada komentar :
 Apa Pengertian dan Arti Singkatan LCD?

BIBLIOTIKA - LCD adalah singkatan Liquid Crystal Display, yaitu jenis monitor yang menggunakan bahan cairan kristal dalam membentuk penampang display di monitor. Cairan kristal ini bisa memancarkan warna ketika dikenai suatu energi tertentu akibat adanya proses eksitasi elektron. Teknologi ini bisanya digunakan untuk membuat monitor kristal yang kita kenal sebagai monitor LCD. Teknologi LCD telah lama digunakan pada perangkat notebook, karena memiliki beberapa keunggulan dibanding teknologi display biasa.

Selain LCD, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

ERD

Singkatan dari Entity Relationship Diagram, yaitu suatu model konseptual yang menjabarkan hubungan antar penyimpan data dan hubungan data.

Ergonomics

Penelitian postur manusia dan proposisinya dengan tujuan untuk menciptakan perabot atau perangkat komputer yang dapat digunakan oleh manusia dengan nyaman dan tanpa ketegangan.

Errata

Nama kode kesalahan program yang ada pada OS Linux, sehingga server yang memakai OS ini harus meng-upgrade beberapa file sistemnya agar tidak dapat disusupi pihak lain.

Error

Istilah yang menunjukkan adanya suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware. Suatu kesalahan dalam menjalankan program yang dapat menyebabkan kerusakan.

Error Analysis

Analisis permasalahan yang timbul akibat dari kesalahan pembulatan atau kesalahan pemenggalan angka-angka pada operasi aritmatika.

Error Character

Karakter yang memberi tanda bahwa pada data yang sedang diolah atau dikirimkan terdapat suatu kesalahan.

Error Corecting Codes

Suatu metode penyandian data pada proses transmisi data yang memungkinkan tidak hanya untuk mendeteksi kesalahan saja, namun juga dapat memperbaikinya dengan baik. Hal ini melibatkan pengiriman informasi tambahan bersama dengan setiap word, dengan menyesuaikan reduksi pada kecepatan transmisi.

Error Corecting Routine

Program yang secara khusus memperbaiki kesalahan dengan menggunakan rutin program atau subrutin lain.

Error Detection

Proses pelacakan kesalahan selama transmisi data berlangsung, yaitu perubahan satu atau beberapa bit dari nilai ‘1’ ke ‘0’ atau sebaliknya.

Error Detecting Codes

Suatu kode untuk melacak kesalahan pada ekspresi dalam program. Jika terjadi kesalahan pada ekspresi tersebut, maka komputer akan mampu mendeteksi dan menunjukkannya pada pengguna.

Error Interrupt

Interupsi pelaksanaan tugas yang disebabkan adanya suatu kesalahan yang tidak dapat diperbaiki sendiri oleh komputer.

Error List

Daftar yang dibuat oleh kompiler, berisi perintah-perintah ilegal atau yang salah tulis pada program sumber.

Error Message

Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada saat menjalankan suatu program.

Error Protocol

Protokol pada lapis transpor yang menawarkan pelacakan dan laporan kesalahan antar end system dan router terkait.

Error Rate

Perbandingan banyaknya unit data yang salah dengan jumlah keseluruhan unit data.

Error Routine

Rutin program yang mengendalikan suatu software, sekaligus melakukan perbaikan jika ditemukan kesalahan.

eSATA

Singkatan dari external SATA, yaitu pilihan interface terbaru untuk media penyimpanan eksternal. Diperkenalkan pada tahun 2004, pada awalnya hanya untuk pilihan interface media penyimpanan eksternal FireWire atau USB. Kedua interface tersebut mengakibatkan bottleneck pada kemampuan transfer, selain bridge yang digunakan menyebabkan fungsi SMART pada harddisk tidak dapat dimanfaatkan. eSATA dapat mengatasi semua masalah tersebut.

Esc

Singkatan dari Escape, yaitu key atau tombol pada keyboard yang apabila ditekan akan menghentikan pelaksanaan instruksi yang sedang diproses, dan mengembalikan kontrol ke menu sebelumnya.

ETEXT

Sebuah dokumen dalam bentuk elektronik.

Ether Talk

Paket-paket AppleTalk terenkapsulasi yang dilewatkan pada kabel ethernet.

Eudora

Program aplikasi layanan e-mail di internet.

Even/Even Driver Application

Sebuah aplikasi yang dipasang untuk meningkatkan kecepatan komputer dalam memberikan respon cepat. Caranya dengan mengambil input dari user atau aplikasi lain tanpa mengikuti prosedur yang berlaku. Biasanya dijalankan sesuai dengan pilihan user (memilih menu, menekan enter, dan lain-lain). Aplikasi ini memiliki sifat yang berlawanan dengan aplikasi yang bersifat orientasi prosedur.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar