Apa Arti Singkatan PDF?

Tidak ada komentar :
 Apa Arti Singkatan PDF?

BIBLIOTIKA - PDF adalah singkatan Portable Document Format, yaitu sebuah format file yang dikembangkan oleh Adobe Sistem. PDF meng-capture format informasi tertentu dari desktop publishing applications yang beragam dan membuatnya dapat dikirim dalam macam-macam bentuk dan dapat dibaca oleh monitor maupun printer penerima yang dituju. Untuk menampilkan file dalam bentuk format PDF, pengguna memerlukan Adobe Acrobat Reader, atau software sejenis.

Selain PDF, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Filler

Karakter yang dipakai untuk mengisi kekosongan bit pada fixed length jika teks yang dimasukkan kurang dari panjang field tersebut.

Filter

Alat atau rutin program yang dipakai untuk memisahkan sinyal atau data berdasarkan kondisi tertentu.

Fin

Suatu piranti mirip sisik yang terdapat pada heatsink, yang ditujukan untuk mempercepat proses pelepasan panas. Dalam hal ini, semakin tipis dan semakin banyak jumlah fin, maka akan mempercepat proses pelepasan panas, selain juga dari faktor fan yang dipergunakan.

Find

Perintah pada pengolah kata atau dalam pemrograman, untuk melakukan pencarian kata, teks, atau file tertentu.

Fine Index

Indeks sekunder yang bertindak sebagai penunjang indeks utama yang tidak terperinci, untuk pengenalan semua field yang sedang diindeks.

Finger

Utilitas dari UNIX yang bertugas melaporkan informasi mengenai pengguna lain yang memiliki account UNIX. Finger berupa aplikasi yang menampilkan informasi tentang pengguna tertentu atau semua pengguna yang sedang login pada local system atau pada remote system. Yang ditampilkan biasanya nama panjang pengguna, waktu login terakhir, waktu idle, terminal line, dan lokasi terminal.

Firefox Showcase

Suatu fitur yang memudahkan kita untuk mencari dan melihat browser yang aktif di Firefox.

First Generation Computer

Komputer generasi pertama yang dibuat sekitar awal tahun 50-an, menggunakan tabung hampa sebagai penguat sinyal.

First Order Subroutine

Subrutin yang langsung dimasukkan dari program utama dan segera kembali ke program pemanggil begitu selesai dilaksanakan.

First Party Cookie

Cookie yang diletakkan pada komputer, oleh situs web yang sedang dikunjungi.

First Person Shooter

Sebuah jenis game yang mempunyai perspektif atau sudut pandang yang sama dengan tampilan yang dilihat oleh karakter game, dengan ditambah satu buah pucuk senjata untuk kemampuan menyerang atau bertahan.

Fit

Perintah dalam lingkungan Windows untuk membuat naskah atau gambar secara tepat dalam satu halaman penuh.

Fitur

Dari kata Feature, yaitu fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat. Fitur juga bisa diartikan sebagai suatu fasilitas atau menu yang terdapat pada suatu situs.

FIX

Singkatan dari Federal Information Exchange, yaitu lokasi pertukaran informasi antara pihak pemerintah Amerika Serikat dengan internet.

Fixed Area

Lokasi di media penyimpanan utama yang dimanfaatkan oleh bagian kontrol program.

Fixed Disk

Sebuah harddisk yang konfigurasi komponen-komponennya tidak mudah dibongkar-pasang.

Fixed Length Record

Panjang atau banyaknya unit data sebuah record yang sama dengan record-record lainnya (secara fisik).

Fixed Media

Media penyimpan data yang cara pengaksesannya tidak bergantung pada gerakan alat lain (head). Misalnya RAM yang mampu membaca dan menulis data secara elektronik.

Fixed Point Arithmetic

Titik desimal yang ditetapkan komputer pada titik tertentu. Umumnya ditetapkan pada titik kiri terjauh dari word, sehingga komputer akan memperlakukan semua angka sebagai pecahan. Sistem ini akan mempermudah rutin aritmatika. Programmer harus membuat koreksi pada masukan dan keluaran program jika ingin mengubah letak titik desimal.

Fixed Point Number

Bilangan yang titik desimalnya tidak dapat diubah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar