Kiat Merapikan Rumah dalam Lima Menit

Tidak ada komentar :
 Kiat Merapikan Rumah dalam Lima Menit

BIBLIOTIKA - Memelihara rumah secara terorganisasi adalah suatu proses yang tidak pernah berakhir. Secepat apapun Anda membersihkan kotoran di rumah, sampah akan muncul lagi. Menghadapi tiap kali hal semacam itu, tentu saja kita perlu sikap tenang dan santai.

Nah, untuk mengatasi stres gara-gara urusan membersihkan rumah semacam itu, ada baiknya jika setiap hari Anda memadatkan satu tugas selama lima menit. Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa anda ikuti:

Merapikan ruang keluarga

Cobalah rutinitas ini; sebelum ke tempat tidur, sapulah seluruh ruangan dengan cepat, lalu bereskan apapun yang terlihat berantakan. Kumpulkan koran, padatkan kembali bantal kursi yang mengembang, letakkan remote control pada tempatnya.

Pertimbangkan bersama anggota keluarga lain dalam menetapkan peraturan ini. Siapa pun yang membawa sesuatu ke dalam ruangan yang bukan tempatnya, harus membawanya lagi keluar.

Merapikan ruang tidur

Gunakan sebuah tempat di bawah tempat tidur untuk penyimpanan. Kotak dangkal yang pas akan mudah ditemukan untuk menyimpan baju atau kain-kain yang sudah lewat musimnya. Buanglah lima jenis barang yang sudah tidak terpakai, entah itu baju, kaset, atau apa saja.

Merapikan kamar mandi

Simpanlah beberapa kantong plastik di bawah keranjang sampah. Di sebuah lemari, siapkan tisu basah dan botol semprot yang terisi cuka dan air. Dalam waktu lima menit, Anda dapat membersihkan kaca, bak cuci, mengangkat handuk, dan gunakan tisu untuk mengelap tangki dan bagian duduk toilet. Kemudian buanglah semua itu. Buanglah lima jenis benda dari laci obat, yaitu obat yang sudah kedaluwarsa, seperti lipstik, maskara, dan tata rias lainnya yang sudah lama tak dipakai.

Merapikan dapur

Peraturan penting pertama yang harus diterapkan adalah dapur harus bersih ketika ditinggalkan. Laplah noda dan barang-barang yang kotor. Rendamlah panci dan belanga (wajan / penggorengan) setelah digunakan.

Peraturan penting kedua adalah, letakkan piring dan gelas yang sudah digunakan dalam bak pencucian. Biarkan bak terisi campuran air dan sabun untuk merendam dan membersihkan peralatan yang terbuat dari perak.

Merapikan garasi/gudang

Aturlah segala sesuatu sebagaimana fungsinya. Barang-barang yang biasa digunakan atau dipakai hampir setiap hari, letakkan pada tempat yang mudah dijangkau. Sebalikya, barang-barang yang jarang digunakan simpanlah di tempat yang lebih tertutup agar nampak rapi.

Tetaplah meletakkan kaleng-kaleng, pemotong rumput, dan peralatan lainnya di tempat yang sama. Dan ingat selalu, ada lima jenis barang tak terpakai yang perlu disingkirkan dari garasi.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar