Kiat-kiat Mengecat Kusen

Tidak ada komentar :
 Kiat-kiat Mengecat Kusen

BIBLIOTIKA - Anda ingin mengecat kusen di rumah Anda yang saat ini telah lusuh dan ingin membuatnya kembali cantik dan baru? Apabila selama ini kusen di rumah Anda berwarna coklat, cobalah untuk mewarnainya dengan warna-warna yang lebih ceria atau lebih cerah.

Sekarang ini sedang tren warna-warna pastel. Itu jika cat tembok rumah Anda berwarna lembut. Tapi, cobalah untuk berani membubuhkan warna-warna terang, terutama jika cat tembok rumahnya pun berwarna terang, sehingga akan memunculkan warna yang serasi.

Tidak terlalu sulit untuk mengecat kusen rumah. Untuk kusen yang terbuat dari baja, kita bisa melakukannya dengan cara seperti ini; bersihkan kusen dengan cara dilap untuk membersihkan kotoran dan debu. Tidak perlu diampelas, cukup dilap sekali dengan kain yang dibasahi tinner.

Setelah kusen benar-benar bersih dan kering, kita bisa mulai mengecatnya dengan menggunakan cat duco. Karena untuk kusen baja memang akan lebih optimal apabila menggunakan cat duco, khususnya yang cat semprot.

Lalu bagaimana dengan kusen yang bukan terbuat dari baja? Berikut ini tips-tipsnya:

Anda bisa mencabuti baut yang terdapat pada kusen, apabila khawatir hal itu akan menyulitkan proses pengecatan.

Bersihkan semua kotoran, debu, termasuk sisa plesteran kalau ada.

Lakukan pengampelasan pada kusen, kemudian bersihkan debu sisa ampelasan apabila masih tersisa.

Isilah semua lubang yang ada dengan dempul. Apabila lubangnya terlalu besar, Anda bisa melakukan pengisian lebih dari satu kali.

Setelah dempul kering, haluskanlah dengan menggunakan ampelas yang lembut dan kemudian bersihkan. Lalu berikan kembali dempul. Dua kali pelapisan sangat dianjurkan untuk kayu yang baru.

Bubuhkan cat dasar pada mata kayu terlebih dulu, dengan menggunakan kuas kecil atau secarik kain pada setiap mata kayu.

Pemberian cat dasar bisa segera dilakukan setelah proses di atas kering. Cat dasar berbahan minyak lebih baik diencerkan dulu, karena kusen tidak membutuhkan lapisan yang tebal. Cat dasar akrilik bisa digunakan secara langsung dari kaleng.

Mulailah mengecat bagian dalam kusen terlebih dulu. Kemudian lanjutkan dari bagian ujung hingga ke ujung yang menempel ke tembok dan tuntaskan dengan mengecat bagian depan atas kusen (architrave)

Biarkan cat mengering secara optimal. Cat yang berbahan dasar minyak butuh waktu hingga 24 jam untuk menjadi kering. Sedangkan cat yang berbahan dasar air membutuhkan waktu antara tiga sampai empat jam.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar