Aneka Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Buah raspberry mungkin masih asing di Indonesia, karena kenyataannya buah ini memang langka. Kebanyakan raspberry yang ada di toko buah atau swalayan adalah buah impor. Selain dalam bentuk buah, raspberry juga masuk ke Indonesia dalam bentuk sirup kemasan, yang terkenal dengan nama frambos.

Buah yang berasal dari daratan Eropa ini memiliki kandungan vitamin C tinggi, dan kandungan vitamin itu pula yang menjadikan raspberry memiliki rasa cenderung asam. Selain vitamin C, raspberry juga mengandung aneka nutrisi, berupa karbohidrat, gula alami, serat, protein, vitamin A, vitamin K, betakaroten, kalsium, zat besi, sodium, mangan, anthocyanin, dan lain-lain.

Setelah diolah menjadi sirup, raspberry tetap memiliki kandungan manfaat, tak jauh beda dengan buah yang masih segar. Berikut ini uraian aneka manfaat buah raspberry dalam menunjang kesehatan.

Membakar lemak

Raspberry sangat baik untuk orang yang sedang berdiet, menurunkan berat badan, karena buah ini kaya serat dan mangan. Serat memiliki kemampuan dalam memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Sementara mangan meningkatkan metabolisme tubuh, serta membantu pembakaran lemak.

Kemudian, raspberry juga memiliki kandungan senyawa keton yang berfungsi memecah jaringan lemak, dengan meningkatkan produksi adiponektin (hormon protein dalam jaringan lemak yang meningkatkan kemampuan metabolisme lemak).

Mencegah penyakit jantung

Raspberry memiliki kandungan asam ellagic yang membantu menurunkan risiko serangan jantung. Asam tersebut juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, asam salisilat dalam rapsberry dapat membantu melawan aterosklerosis dan penyakit jantung.

Mengatasi kerusakan hati

Mengonsumsi secangkir raspberry setiap hari dapat mencegah kerusakan sel dan masalah hati, karena buah ini dapat membantu mencegah pembentukan plak di dinding hati yang merupakan penyebab kanker hati. Selain itu, kandungan zat keton dalam raspberry juga dapat membakar lemak di hati.

Menjaga kestabilan gula darah

Raspberry mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga baik untuk penderita diabetes tipe 2. Hal itu dimungkinkan, karena senyawa keton dalam raspberry dapat memproduksi senyawa adinopectin yang mampu mengendalikan kadar gula darah.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam raspberry membantu kulit lebih kencang dan cerah. Zat keton dalam raspberry juga mampu menangkal efek radikal bebas dari tubuh. Hasilnya, tubuh terhindar dari gejala penuaan dini, dan kulit tidak mudah berkeriput. Untuk tujuan ini, Anda bisa mengonsumsi raspberry sebagai buah segar, atau menjadikannya masker untuk merawat kulit.

Menurunkan risiko anemia

Kandungan kalium dalam raspberry bisa membantu melindungi detak jantung serta tekanan darah agar selalu normal. Raspberry juga memiliki kandungan beberapa mineral lain, di antaranya mangan, tembaga, serta zat besi. Tembaga sangat penting untuk menghasilkan sel darah merah, sementara zat besi serta folat bisa membantu menurunkan risiko anemia.

Menurunkan risiko kanker

Raspberry memiliki kandungan antioksidan 10 kali lebih banyak dari tomat. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam raspberry diketahui dapat membantu menangkal kanker. Hal itu dimungkinkan, karena antioksidan dapat membuat perlindungan pada tubuh dari serangan kerusakan akibat radikal bebas.

Mengontrol diabetes

Raspberry memiliki indeks glikemik rendah, yang menghasilkan karbohidrat putus perlahan-lahan, dan hal tersebut dapat memperlambat pelepasan gula dalam darah. Hal semacam itu menyebabkan rendahnya keinginan insulin dari tubuh, serta berguna untuk pasien diabetes.

Sebagai anti-inflamasi

Mengonsumi raspberry dapat membantu mencegah kerusakan pada membran sel serta komponen lain, mengurangi jamur serta perkembangan bakteri pada tubuh, dan mengurangi reaksi alergi yang disebabkan antihistamin. Kandungan nutrisi di dalam raspberry juga dapat menurunkan demam, mengatasi diare, melancarkan kemih, dan mencegah infeksi saluran kemih.

Memperlambat proses penuaan

Kandungan antioksidan dalam raspberry dapat memperlambat proses penuaan, dengan menetralkan radikal bebas pada tubuh. Antosianin, flavonoid yang memberi warna merah pada raspberry, juga membantu kulit senantiasa sehat dan awet muda. Beberapa zat itu juga dapat merangsang produksi kolagen, sehingga membantu kulit lebih sehat dan cantik.

Mengatasi rambut rontok

Kandungan vitamin B dalam buah raspberry sangat baik dalam menjaga rambut dari kerontokan. Raspberry juga mempunyai kandungan asam folat yang membantu mendorong pertumbuhan rambut. Kemudian, raspberry juga memiliki kandungan biotin yang menjaga kesehatan rambut, sehingga selalu tampak bercahaya.

Menyehatkan kulit kepala

Kandungan vitamin C kadar tinggi dalam buah raspberry dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga dapat menumbuhkan rambut yang sehat dan mencegah ketombe atau gatal-gatal pada kulit kepala.

Baca juga: Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan