Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan ~ 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menjaga kesehatan otak

Kandungan senyawa dalam buah pala dapat membantu menurunkan risiko degradasi jalur saraf dan mengatasi penurunan kognitif otak. Degradasi jalur saraf dan penurunan kognitif otak pada penderita Alzheimer, parkinson, dan pikun, juga bisa dikurangi atau diperlambat efeknya dengan mengonsumsi buah pala.

Mengeluarkan racun tubuh

Ada banyak cara untuk melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh, salah satunya dengan pala. Dalam tubuh kita, banyak racun mengendap tanpa disadari, di antaranya di bagian ginjal, hati, dan usus. Senyawa kimia dalam buah pala dapat membantu membersihkan racun dari organ-organ tersebut, dan mengeluarkannya melalui kotoran, keringat, maupun urin.

Menjaga kesehatan mulut

Kandungan minyak atsiri dalam buah pala memiliki khasiat dalam menghilangkan bau mulut, serta meningkatkan kesehatan gusi dan gigi. Karena kenyataan itu pula, saat ini telah ada obat kumur maupun pasta gigi yang menggunakan ekstrak pala.

Mencegah leukemia

Penelitian menemukan bahwa senyawa kimia dalam buah pala dapat mencegah leukemia atau kanker darah. Mengonsumsi ekstrak buah pala dapat mencegah timbulnya sel leukemia dalam tubuh yang sehat, dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukemia.

Menyehatkan kulit

Kandungan zat scolopetin dalam buah pala dapat menghentikan peradangan pada kulit, selain dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas cacar atau bisul. Untuk tujuan itu, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Ambil buah pala secukupnya, lalu parut sampai halus. Campurkan dengan air dan madu secukupnya, lalu balurkan pada bagian kulit yang luka. Diamkan selama 30 menit, dan bilas menggunakan air hangat.

Melancarkan peredaran darah

Kandungan kalium dalam buah pala memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Fungsi zat kalium dalam buah pala adalah melebarkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah melebar, oksigen akan mudah masuk ke tubuh, dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Selain itu, kalium juga membantu penyerapan nutrisi makanan yang dicerna tubuh, sehingga tubuh semakin baik dalam menyerap nutrisi yang masuk.

Menormalkan tekanan darah

Kandungan kalium dan mineral dalam buah pala bekerja sama dalam mengatur tekanan darah, sehingga menjadi normal. Tidak hanya pada tubuh yang sehat, tetapi juga pada orang yang menderita penyakit kardiovaskular.

Menjaga kesehatan tulang

Buah pala mengandung kalsium yang memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang, memperbaiki saraf tulang, dan menjaga pertumbuhan tulang, serta menghindarkan tulang dari pengeroposan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah pala memiliki peran dalam membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Mencegah anemia

Buah pala memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan serta memperbaiki sel darah merah, sehingga dapat mencegah gejala anemia.

Mengatasi diabetes

Buah pala mengandung senyawa kimia yang disebut macelignan. Senyawa tersebut dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah pada tubuh, dan mencegah komplikasi yang dihasilkan penyakit diabetes.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada buah pala membantu menjaga kesehatan mata, dan membantu menjernihkan penglihatan.

Mengobati sakit gigi dan infeksi gusi

Buah pala memiliki kandungan zat samak, yang mampu mematikan kuman dalam tubuh. Mengonsumsi buah pala atau meminum sari pala dapat mengobati sakit gigi atau infeksi gusi.

Menambah energi

Buah pala mengandung gula pati, zat pati, serta karbohidrat, yang semuanya memiliki peran dalam menghasilkan energi. Karenanya, mengonsumsi buah pala dapat menambah energi saat Anda mulai lelah.

Mengatasi stres

Buah pala mengandung zat miristisin yang dapat menghambat protein monoamine oksidase yang dipercaya sebagai penyebab timbulnya stres. Karenanya, mengonsumsi buah pala dapat mengatasi stres yang Anda alami.

Menghilangkan bau badan

Kandungan senyawa limonene yang ada di dalam buah pala bisa mengatasi bau badan serta bau mulut yang tidak sedap. Minyak atsiri yang terkandung dalam buah pala juga memiliki manfaat serupa.

Mengatasi influenza

Influenza disebabkan oleh virus yang ada di sekitar kita. Jika biasanya Anda menggunakan pil atau obat yang dibeli di apotek, Anda bisa pula mengonsumsi buah pala untuk mengatasi influenza. Buah pala mengandung asam oleanolat, senyawa yang bersifat antivirus. Karenanya, mengonsumsi buah pala dapat menghalau virus influenza.

Menghindarkan hepatitis

Mengonsumsi sari buah pala secara rutin dapat mencegah hepatitis, karena buah pala memiliki kandungan asam oleanolat yang bisa melindungi hati, dan bersifat sebagai antivirus. Karenanya, virus hepatitis dapat dihindari, atau hati bisa lebih terjaga kesehatannya.

Mengatasi masuk angin

Siapkan 100 ml air hangat, campur dengan 1 sendok teh pala yang telah dihaluskan, dan 2 sendok teh bubuk pisang batu. Aduk merata, lalu minum beserta ampasnya selagi hangat. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Catatan:

Senyawa kimia alami dalam buah pala dapat bereaksi terhadap beberapa jenis obat-obatan tertentu. Karenanya, sangat penting untuk mengenali jenis obat apa yang memiliki efek samping berlawanan dengan senyawa kimia yang terdapat dalam buah pala. Untuk hal itu, Anda tentu perlu mengonsultasikannya dengan dokter, khususnya jika Anda sedang dalam perawatan karena sakit tertentu.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Persik untuk Kesehatan