Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan (1)

Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Pala (Myristica fragrans) adalah tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Karena nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditas perdagangan yang penting sejak zaman Romawi. Semenjak masa eksplorasi Eropa, pala tersebar luas ke daerah tropis lain, seperti Mauritius dan Karibia (Grenada).

Meski pala tergolong buah, namun kebanyakan orang—khususnya di Indonesia—lebih mengenal pala sebagai rempah-rempah atau bumbu penyedap masakan. Kenyataannya, bagian pada pala yang sering dimanfaatkan adalah bagian bijinya. Karena kenyataan itu pula, penyebutan “pala” sering kali merujuk ke “biji pala”. Padahal, seperti yang disebut tadi, pala adalah buah. Selain memiliki biji, pala juga memiliki daging buah.

Di Indonesia, tanaman pala termasuk langka, karena hanya wilayah tertentu yang menjadi penghasil pala. Karena itu pula, buah pala juga termasuk buah langka. Kepulauan Banda, Maluku, telah lama dikenal sebagai daerah penghasil pala. Selain Maluku, Ternate juga menghasilkan pala, yang disebut pala petani (myristica succadewa BL).

Di masa lalu, masyarakat Maluku hanya mengambil biji pala, dan membiarkan buahnya terserak di tanah tanpa digunakan. Sampai kemudian, setelah diketahui kalau buah pala mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, masyarakat di sana pun mulai memanfaatkan buah pala untuk dikonsumsi. Mereka membuat manisan dari buah pala, juga minuman dari buah pala.

Sekilas, buah pala mirip buah duku, dengan kulit berwarna kuning kecokelatan. Meski begitu, pala memiliki ciri yang membedakannya dengan duku, di antaranya daun yang berbentuk elips dan panjang, bentuk buah yang cenderung lonjong, dan buah pala bisa membelah sendiri saat masak, hingga membentuk seperti kelopak bunga. Saat buah pala telah masak, bijinya akan kelihatan, terbungkus fuli berwarna merah. Jika fuli dibuka, biji pala akan terlihat berwarna cokelat.

Seperti yang disebut di atas, buah pala memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, dan dalam buah pala terkandung nutrisi sebagai berikut:
  1. Energi (42 kkal)
  2. Protein (0,3 gram)
  3. Lemak (0,2 gram)
  4. Karbohidrat (10,9 gram)
  5. Minyak atsiri
  6. Zat samak
  7. Zat pati
  8. Saponin
  9. Scolopetin
  10. Miristisin
  11. Elemisi
  12. Enzim lipase
  13. Pektin
  14. Limonene
  15. Asam oleanolat
  16. Gula pati
  17. Zat besi (2 mg)
  18. Kalsium (32 mg)
  19. Vitamin A (29 IU)
  20. Vitamin B1 (1 mg)
  21. Vitamin C (22 mg)

Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, buah pala pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dan berikut ini uraiannya.

Mengatasi masuk angin

Masuk angin dapat diatasi dengan meminum rebusan buah pala. Sama seperti jahe, pala mampu menghangatkan badan dan perut yang kembung karena masuk angin. Hal itu dimungkinkan, karena pala memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe.

Mengatasi insomnia

Insomnia atau sulit tidur bisa menjadi masalah yang mengganggu kesehatan. Begitu pun dengan tidur yang kurang berkualitas, atau mudah bangun di tengah malam. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan meminum air rebusan pala. Rutin meminum rebusan pala bisa membantu mengatasi insomnia, sekaligus menjadikan tidur lebih nyenyak.

Menambah nafsu makan

Buah pala memiliki kandungan enzim lipase yang bermanfaat dalam menambah atau meningkatkan nafsu makan. Manfaat tersebut bisa diperuntukkan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Melancarkan pencernaan

Enzim lipase pada buah pala membantu menghaluskan makanan yang dicerna oleh tubuh, sehingga secara tak langsung membantu melancarkan pencernaan. Enzim lipase sebenarnya juga terdapat pada mulut dan lidah. Mengonsumsi pala menambah enzim tersebut, sehingga fungsinya lebih baik.

Mengatasi mual dan muntah

Buah pala memiliki sifat antiemetik, yaitu mengatasi dan menghilangkan mual atau perasaan ingin muntah. Karenanya, pala cocok dikonsumsi orang yang biasa mengalami mabuk dalam perjalanan.

Mengatasi nyeri

Selain menghilangkan mual dan muntah, sifat antiemetik pada buah pala juga bermanfaat untuk menghilangkan nyeri pada waktu haid, maupun nyeri karena reumatik.

Meredakan asam lambung

Masalah asam lambung sering ditandai dengan rasa perih dan mual dalam perut. Buah pala dapat mengatasi masalah tersebut, karena memiliki kandungan zat saponin yang bermanfaat dalam meredakan dan menurunkan asam lambung dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ikuti resep berikut.

Siapkan 100 ml air hangat, lalu masukkan 1 sendok teh pala yang telah dihaluskan ke dalamnya. Setelah itu, campurkan 2 sendok teh pisang batu. Aduk sampai rata, lalu minum selagi masih hangat.

Mengatasi serak atau parau

Suara yang serak atau parau bisa disebabkan beberapa hal, kadang pula diikuti rasa sakit pada tenggorokan. Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti resep berikut.

Ambil pala dan jahe secukupnya, lalu dihaluskan. Campurkan 1 sendok teh cengkeh yang dihaluskan, 3 tetes minyak kayu putih, lalu campurkan dan aduk semua bahan sampai membentuk pasta. Oleskan ramuan tersebut ke leher, dan diamkan selama 3 jam. Lakukan secara rutin, sampai suara serak atau parau kembali normal.

Mengatasi sakit secara alami

Sakit yang disebabkan oleh cedera, luka, atau pun radang kronis, dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pala. Buah pala memiliki senyawa kimia berupa mentol, yang mampu menurunkan rasa sakit secara alami.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Pala untuk Kesehatan (2)